Penyuluhan Pengembangan E-Commerce  Kepada UKM Masker Kain dan Sprei di Pasar Kemis, Tangerang

TangselMedia-Pasar Kemis, Banten – Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang merupakan perwujudan mahasiswa mengabdi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk nyata realisasi ilmu yang telah didapatkan dalam pembelajaran. Kelompok yang diketuai oleh Wiwit Widya Warapsari dan beranggotakan 4 orang yaitu Aga Rizki Giovani, Amin Ma’ruf, Arsah Nurul Zahroh dan Malwan memberikan penyuluhan sebagai upaya pengembangan UKM dengan memanfaatkan E-commerce kepada sebuah Home Industri yaitu di UKM (Usaha Kecil Menengah) Perumahan Taman Walet Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, Banten. UKM ini merupakan industri yang bergerak dibidang konveksi pembuatan Masker kain dan sprei.  Dengan didampingi dan keikutsertaan dosen pembimbing membuat semangat para mahasiswa untuk menjalankan program PKM ini semakin bertambah karena mereka ingin memberikan presentasi yang terbaik . Meski menempuh perjalanan yang jauh untuk mencapai lokasi tetapi tidak menurunkan semangat mereka untuk melakukan tugas mulia ini.

Minggu, 27 Juni 2021 bertempat di lokasi produksi konveksi tersebut kegiatan PKM dengan mengusung tema Penyuluhan Upaya Pengembangan UKM dengan memanfaatkan E-commerce di Perumahan Taman Walet Kabupaten Tangerang, Banten berlangsung dengan lancar dan disambut antusias dari peserta penyuluhan UKM itu sendiri maupun dari para warga sekitar yang hadir. Pada acara tersebut dihadiri oleh pemilik home industri UKM dan warga sekitar yang berjumlah 6 orang. “Rasa terima kasih saya ucapkan kepada adik-adik mahasiswa dari Universitas Pamulang dan para bapak Dosen yang sudah jauh-jauh datang ke tempat kami untuk mengadakan program PKM dengan tema upaya pengembangan UKM dengan memanfaatkan E-commerce, program ini sangatlah bagus dan sangat bermanfaat dalam memberikan informasi kepada kami sebagai masyarakat sekaligus pelaku industri UKM dalam menjalankan operasional dan produksi usaha kami. Semoga silaturahmi ini tetap berlanjut di kemudian hari”, ujar Ibu tri wahyuni selaku pemiliki usaha konveksi UKM.

Tujuan dari penyuluhan pada program PKM ini adalah memberikan wawasan Tentang pentingnya pengembangan usaha UKM dengan memanfaatkan E-commerce. Karena tujuan utama dari penggunaan E-commerce adalah perusahaan dapat lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan keuntungannya. Terlebih lagi pada saat ini dimana masih berlangsungnya pandemi memaksa masyarakat untuk tidak banyak melakukan interaksi diluar rumah. Oleh sebab itu agar usaha dapat tetap berjalan meskipun aktivitas diluar rumah berkurang sangat diperlukan menggunakan digitalisasi dalam memasarkan produk. Karena dengan E-commerce dapat meningkatkan mangsa pasar karena jangkauannya yang luas serta tidak terikat waktu dan tempat dapat membuat produk kita mudah dikenali tanpa harus mengeluarkan biaya operasional yang mahal seperti promosi pembuatan iklan cetak atau hal yang lainnya dalam penerapannya.

Baca Juga  Sopir Angkot Putar Musik Kencang Saat Melancarkan Aksi Penodongan

Setelah melakukan kegiatan penyuluhan para peserta kemudian melakukan sesi tanya jawab secara langsung dari apa yang telah didapat selepas penyuluhan dengan sangat antusias mereka bergiliran ingin bertanya. Selain pemilik UKM dan warga sekitar yang mendapatkan ilmu mengenai Program E-commerce, para mahasiswa pun juga mendapatkan ilmu baru mengenai pengolahan masker kain dan sprei dengan dilakukan observasi oleh perwakilan UKM dari awal proses hingga akhir proses produksi. Jadi terjadi pertukaran ilmu pengetahuan antara mahasiswa dan pelaku industri yang sangat bermanfaat bagi peserta program PKM.

“Saya sangat senang sekali dapat berbagi ilmu yang sudah saya dapat selama saya belajar di kampus kepada para warga dan pemilik UKM ini, dan lebih senang lagi karena saya juga dapat ilmu baru tentang bagaimana pengolahan home industry dari warga sekitar. Harapan saya home industry dan usaha kecil yang warga jalankan semakin lancar dan jangakaun pasarnya semakin luas , selain itu harapan saya juga bahwa silaturahmi ini semoga akan terus berlanjut sampai kedepannya. Saya mengucapkan terima kasih untuk pemilik UKM atau home industry ibu tri telah berkenan menyediakan tempat untuk program PKM ini’, ujar Wiwit Widyawarap Sari selaku ketua dari kelompok mahasiwa Universitas Pamulang.

Penutupan program PKM ini ditutup dengan pemberian Cinderamata secara simbolis serta ditutup dengan acara makan siang bersama sebagai wujud terima kasih atas selesainya program PKM di UKM Konveksi Masker kain dan Sprei kepada owner dan warga yang berpartisipasi.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply