Inovasi Kemasan Detergen Pencuci Piring Untuk Meningkatkan Minat Usaha Masyarakat Desa Pakuhaji, Tangerang

TangselMedia-Mahasiswa/i Teknik Industri Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Buaran Bambu, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang (30/05/2021). Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Ibu – ibu PKK dan Pejabat daerah setempat yaitu, Bpk. Suyatno S.E selaku Lurah, dan Ibu Aida Selaku ketua Ibu-Ibu PKK di Kecamatan Pakuhaji.

Kegiatan PKM yang diselenggarakan sangat bermanfaat bagi mahasiswa yaitu dapat meningkatkan kreativitas, skill, pengalaman, dan pembelajaran yang luar biasa mengenai artinya berbagi ilmu untuk sesama. Oleh karena itu pentingnya pelaksanaan PKM bagi mahasiswa, agar dapat mencetak generasi-generasi yang tidak hanya unggul di bidang akademik melainkan unggul dalam sosial. Selain itu maksud dan tujuan menyelenggarakan PKM adalah untuk  memberikan beberapa ilmu yang telah kami pelajari pada saat kuliah, dan dapat memberikan wawasan khususnya pada produk kemasan detergen pencuci piring ini.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini di ketuai oleh Zarkasih dan beberapa anggota antara lain, Anjar, Rafikah, Sulis, Danang dan Fahmi serta dosen pembimbing kami yaitu Bpk. Rusmalah, S.T., M.T selaku dosen Teknik Industri Universitas Pamulang. Dengan tema penyuluhan “Inovasi Kemasan Detergen Pencuci Piring Untuk Meningkatkan Minat Usaha Masyarakat Kelurahan Pakuhaji Kabupaten Tangerang”.

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berjalan dengan khidmat ketika moderator membuka acara dan diteruskan oleh Bapak Rusmalah selaku dosen pembimbing yang menyampaikan tentang pemahaman kepada para audiens terkait kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan Oleh Mahasiswa/i Universitas Pamulang Program Studi Teknik Industri.

Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Suyatno S.E selaku Kepala Desa Pakuhaji Buaran Bambu yaitu, beliau menyampaikan bahwa “saya merasa sangat senang sekali atas terpilihnya Desa Buaran Bambu sebagai lokasi Desa Pengabdian Kepada Masyarakat”.

“Saya mewakili masyarakat Desa Buaran Bambu sangat berterima kasih kepada mahasiswa/i Teknik Industri Universitas Pamulang dan berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara kontinyu atau berkesinambungan dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada warga kami,” ujar Suyatno.

Baca Juga  Sosialiasiasi Tentang Pemahaman Air Conditioner Pada Mobil Oleh  Mahasiswa Teknik Mesin Unpam di SMK Islam Permatasari 2 Bogor

Dalam pemberian materi berlangsung kami memberikan informasi mengenai cara pembelian produk kemasan yang efektif dan efisien. Terdapat 2 metode yaitu pembelian secara offline (langsung ke Toko terdekat), dan belanja online. Kami menyarankan agar jika ingin berwirausaha maka sebaiknya mencari suplayer terdekat yang mudah di hubungi dan juga menjual harga grosir yang cukup relative tentunya.

Selain itu menjelaskan mengenai berbagai fungsi baik derigen ataupun botol sempel yang kami bawakan. Misalnya pada derigen 4 liter, biasanya banyak diburu oleh para restoran yang mana membutuhkan detergen untuk membersihkan alat makannya, Adapun kemasan yang paling banyak digemari oleh ibu-ibu rumah tangga yaitu botol ukuran 1 liter dan 500 ml. karena jika di tinjau dari segi kemasan yang cukup menarik, dan mudah untuk digunakan, juga terdapat pengunci yang aman agar tidak terjadinya kebocoran.

Kemudian kami juga memberikan materi terkait kategori kemasan produk yang dibagi menjadi tiga yaitu berdasarkan struktur isi, bedasarkan frekuensi pemakaian, dan berdasarkan tingkat kesiapan pakai.

Ibu Aida selaku Koordinator PKK Desa Buaran Bambu memberikan tanggapak atas selenggaranya PKM kali ini, bahwa beliau berharap agar dilakukan kembali pelatihan berbagai jenis produk lainnya kepada ibu- ibu PKK Desa Buaran.

Bambu guna meningkatkan perekonomian di Desa kami, “semoga kedepannya kita semua bisa berkumpul lagi untuk menjalani pelatihan produk-produk lain yang saat ini banyak dibutuhkan dalam rumah tangga” begitu ujar beliau.

Dalam penyuluhan kegiatan pemberian informasi seputar detergen pencuci piring ini bahwa kegiatan yang dilaksanakan di Desa Pakuhaji Kabupaten Tangerang bersama Ibu-Ibu PKK dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mencari produk kemasan yang menarik pada detergen pencuci piring yang dapat dikonsumsi pribadi maupun dikomersilkan.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply