PKM Mahasiswa Unpam Sosialisasikan Sistem Tanaman Hidroponik Dengan Panel Surya di Serpong Farm Hidroponik Al-Latief

PKM Mahasiswa Unpam Sosialisasikan Sistem Tanaman Hidroponik Dengan Panel Surya di Serpong Farm Hidroponik Al-Latief

 

TangselMedia-Dimasa pandemi seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlakukan saat ini, menanam tanaman merupakan suatu hal yang penting untuk mengisi waktu luang di rumah agar terhindar dari Stress.

Salah satu caranya adalah menanam tanaman dengan sistem hidroponik merupakan hal yang sedang menjadi perbincangan dikalangan orang saat ini karena banyak digemari. Menanam dengan metode hidroponik ini tidak memerlukan tanah dan lahan yang luas, dengan menanam cara hidroponik hasil panen akan lebih cepat namun perlu memperhatikan ketepatan dalam pemberian nutrisi, intensitas cahaya dan suhu sekitar tanaman.

Dilatarbelakangi hal tersebut sebagai bentuk peran aktif mahasiswa dalam masyarakat, maka sekelompok mahasiswa teknik mesin Universitas Pamulang melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertemakan “Sosisalisasi sistem tanaman hidroponik dengan panel surya.”

Lokasi yang dipilih sebagai tempat PKM adalah Serpong Farm Hidroponic Al-Latief, jl. Roda hias KP serpong cikareo GG.Masjid Al-Latief RT 004/002 No. 103 Kel/Kec Serpong, Tangsel. Kelompok PkM mahasiswa terdiri dari 5 mahasiswa teknik mesin Universitas Pamulang antara lain Muthia Zahra sebagai ketua, Aria Nanda Apriansyah, Ardiansyah Maulana, Muhammad Fahrul Roji, dan Reza Rizky Fauzan.

Baca Juga  Pencari Ikan Menemukan Sesosok Mayat Pria Dengan Selang Infus Di Tangan

Materi yang disampaikan dalam Pengabdian kepada Masyarakat adalah Sosialisasi Sistem Tanaman Hidroponik dengan Panel Surya. Sebagaimana diketahui hidroponik merupakan metode menanam yang banyak digemari saat ini, namun dalam prakteknya, listrik digunakan untuk menghidupkan pompa air tersebut, bila suplai energi dari listrik mati karena akibat gangguan maka pasokan nutrisi tanaman juga akan ikut terhenti sehinggga diperlukan suatu solusi untuk mencegahnya. Solusi dalam masalah ini dengan memanfaatkan energi terbarukan seperti pengggunaan panel surya. Diketahui bahwa saat ini energi terbarukan yang dihasilkan matahari merupakan energi yang sangat potensial, namun belum banyak diketahui oleh masyarakat secara maksimal.

Secara singkat kami menjelaskan juga tentang panel surya, mulai dari pengenalan panel surya, proses pembuatan panel surya, struktur yang terdapat pada panel surya, serta cara kerja panel surya hingga dapat menghasil kan arus listrik.

Pada akhirnya kami telah sampai di ujung acara, meskipun kegiatan berjalan singkat, namun acara PKM cukup di rasakan dan disambut antusias. Kegiatan ini diharapkan dapat berlangsung secara periodik dan continue. Selepas acara kegiatan PKM, acara dilanjutkan pemberian kenangan kepada masyarakat setempat dan di akhiri dengan do’a bersama.***

 

Kontributor : Muthia Zahra (Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply