Sosialiasiasi Tentang Pemahaman Air Conditioner Pada Mobil Oleh  Mahasiswa Teknik Mesin Unpam di SMK Islam Permatasari 2 Bogor

TangselMedia-Dunia teknologi saat ini mengalami perkembangan yang begitu pesat, terlebih dalam sektor otomotif. Saat ini, dunia otomotif mengambil peran besar untuk membantu mobilitas manusia, karena telah menjadi bagian yang penting bagi semua kalangan. Untuk meningkatkan kepuasan customer serta persaingan dengan kompetitor, banyak produsen otomotif yang berlomba-lomba dalam berinovasi terhadap produknya agar selalu menjadi yang terbaik dan diterima oleh masyarakat. Kendaraan semisal mobil tidak lagi sebagai alat transportasi, lebih dari itu mobil sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang menampilkan begitu banyak teknologi terbaru.

Dilatarbelakangi fenomena tersebut, maka mahasiswa Universitas Pamulang dari prodi Teknik mesin yang beranggotakan antara lain Anggi pratama, Danu haikal fadilah, Dedi, M Sendy permana, dan Moch. Danang Surya dalam pelaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK Islam Permatasari 2 Bogor mengangkat tema “Sosialisasi Tentang Pemahaman Air Conditioner pada Mobil” sebagai materi yang disampaikan di SMK Islam Permatasari 2 Bogor. Tujuan dari PKM ini adalah untuk mengenalkan bagian-bagian/komponen AC mobil, cara perawatan serta perbaikannya jika terjadi gangguan kerja AC mobil.

Kegiatan PKM ini dilakasanakan pada tanggal 19 Juni 2021, di mulai pukul 09:00 WIB sampai pukul 12:00 WIB. Kegiatan PKM dilaksanakan dengan bertempat di aula bengkel SMK Islam Permatasari 2 Bogor dengan dihadiri 10 siswa serta 12 guru dan staf karyawan SMK Islam Permatasari 2 Bogor. Dengan diawali prosesi do’a bersama acara dimulai dengan harapan semua tahapan acara berjalan lancar dari awal hingga akhir. Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.S ambutan pertama di lakukan oleh Anggi Pratama selaku ketua dari mahasiswa yang melaksanakan program PKM, di lanjutkan sambutan oleh Bp. Yadi Kurniadi, S.E. selaku Kepala Sekolah SMK Islam Permatasari 2 Bogor.

Baca Juga  Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang Gelar  Pelatihan Perawatan Injeksi Sepeda Motor di Depok

Acara inti adalah penyampaian materi tentang pemahaman AC pada mobil oleh pemateri Danu Haikal. Secara singkat dari materi yang disampaikan, AC mobil adalah salah satu sistem tata udara dalam kendaraan yang berfungsi untuk membuat temperature di dalam ruangan menjadi nyaman bagi pengendara maupun penumpang. Adapun bagian-bagian utam AC mobil antara lain kompresor, kondensor, receiver/dryer, katup ekspansi, evaporator, kopling, magnet, blower, kontrol panel, dan cairan refrigant. Hal penting yang disampaikan adalah bagaimana cara perbaikan dan perawatan jika suatu saat menemui masalah pada kinerja AC mobil. Respon dari para siswa dan guru SMK Islam Permatasari cukup baik dengan memberikan beberapa pertanyaan seputar AC mobil, serta mengikuti setiap sesi materi acara ini baik presentasi maupun.

Sesi terakhir sebelum pemaparan materi ditutup adalah kuis yang di bawakan oleh salah satu mahasiswa yaitu Dedi dengan menyiapakan 3 pertanyaan yang berkaikan dengan tema PKM ini. Sebagai penghargaan diberikan beberapa bingkisan buat siswa ataupun guru yang dapat menjawab pertanyaan. Setelah sesi ini selesai acara terakhir yaitu penyerahan hadiah dan sesi foto bersama dengan para siswa, guru, berseta staf karayawan SMK Islam Permatasari 2 Bogor.

Pada acara ini juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama dalam bentuk Implementation and Arrangement (IA) antara prodi Teknik Mesin dan SMK Islam Permatasari2 Bogor. Meskipun acara berlangsung singkat namun manfaatnya begitu terasa bagi para mahasiswa yang melaksanakan PKM maupun peserta yang hadir. Harapannya, kegiatan ini berlangsung secara berkesinambungan sebagai silaturrahim antar Unversitas Pamulang dan SMK Islam Permatasari 2 Bogor.***

Kontributor : Anggi Pratama, Mahasiswa Teknik Mesin Unpam Tangerang Selatan

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply