Tak Lama Lagi, SMKN 1 Naik Jadi ISO 9001:2015

Quality_control-300x2232TangselMedia.com – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Tangerang Selatan kembali mengikuti Surveillance Audit sebagai syarat dari sertifikasi ISO (International Ogranization for Standardization) 9001: 2008, beberapa waktu lalu.

Tujuan sertifikasi ISO adalah upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan (peserta didik) sehingga perlu dilakukan perbaikan yang berkesinambungan. Standar atau sertifikasi ISO 9001:2008 (QMS merupakan standar generik sekaligus bisa diterapkan di semua organisasi.

Penyelenggaraan surveillance audit resmi dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tangsel semenjak pagi hingga petang. Sementara sebagai Leader Auditor yang mewakili dari Lembaga Sertifikasi SAI Global Yaitu Andri Sulaendra.

Menurut Humas SMKN 1 Tangsel, Arif Prio Wibowo menjelaskan bahwa pelaksanaan surveillance audit saat ini merupakan kegiatan audit yang ke-5 yang menjadi bagian periode sertifikasi ISO telah diterima SMK Negeri 1 Tangerang Selatan dari 10 Juli 2013 lalu dari Lembaga Sertifikasi SAI Global. Dan hanya SMK Negeri 1 Tangsel yang menjadi satu-satunya SMK yang bersertifikat ISO.

Baca Juga  Panglima TNI: Tahun Lalu Narkoba, Tahun Ini TNI Fokus Bersih-Bersih Korupsi

Adapaun unit kerja yang diaudit dalam kegiatan surveillance audit tersebut, yakni Unit Manajemen Mutu, Patiseri, Teknik Elektronika Industri, dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

Andri mengungkapkan bahwa SMKN 1 Tangsel masih dikategorikan baik bahkan ada kenaikan level di tahun ini. Sebab fakta di lapangan menunjukkan tidak ada ketidaksesuaian dalam kategori mayor, sehingga SMKN 1 Tangsel masih berhak memegang sertifikat ISO 9001:200 hingga 9 Juli 2016 mendatang. Rencananya SMKN 1 akan menerapkan sistem manajemen ISO 9001:2015 pada bulan Juni nanti setelah ISO 9001:2008 rampung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *