Mahasiswa Universitas Pamulang Lakukan Penyuluhan Tentang Sosialisasi Dan Pengenalan Terkait Manfaat Kandungan Bahan Baku Pembuatan Sabun Cuci Piring

TangselMedia-Rajeg, Kabupaten Tangerang – Universitas Pamulang yang berada di Pamulang, Tangerang Selatan mempunyai program PKM yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat. Program tersebut merupakan salah satu usaha untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dalam hal ini khususnya pembuat sabun cuci piring, atas apa yang telah di peroleh selama mengenyam pendidikan di bangku Universitas sebagai wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Kelompok 4 yang di ketuai oleh Dedi Periaman Harefa dan beranggotakan 4 orang melakukan program PKM ini dengan melakukan penyuluhan tentang sosialisasi dan pengenalan terkait manfaat kandungan bahan baku pembuatan sabun cuci piring, di sebuah perumahan di Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang. Tempat tersebut dipilih untuk menjangkau secara luas wujud pengabdian Universitas Pamulang yang di wakili oleh mahasiswa untuk memberikan penyuluhan akan pentingnya pengetahuan tentang kandungan bahan baku sabun cuci piring.

Minggu, 5 Desember 2021 mahasiswa Universitas Pamulang melakukan penyuluhan program PKM dengan mengusung tema “Sosialisasi Dan Pengenalan Terkait Manfaat Bahan Baku Pembuatan Sabun Cuci Piring” di Perumahan Mutiara Puri Harmoni, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang berlangsung dengan lancar dan penuh antusias dari masyarakat sekitar maupun dari para mahasiswa. Pada acara tersebut di hadiri oleh masyarakat sekitar. “Alhamdulillah pengurus dan warga Mutiara Puri  Harmoni merasa puas dan bangga atas terselenggaranya PKM dari Universitas Pamulang”. Ujar salah satu perwakilan masyarakat.

Tujuan dari penyuluhan pada program PKM ini adalah mengenalkan tentang berbagai manfaat kandungan bahan baku pembuatan sabun cuci piring. Di situasi seperti saat ini di tengah pandemi kita semua di haruskan untuk tetap di rumah dan membatasi mobilitas yang ada, membeli sabun cuci piring untuk kebutuhan sehari-hari akan kurang efektif.

Baca Juga  Soal BPIH Tahun 2017, Ini Kata Menteri Agama

Ada cara lain yang memudahkan untuk membuat sabun cuci piring ditengah masa pandemi seperti ini, yaitu dengan memanfaatkan pengetahuan tentang manfaat bahan baku pembuatan sabun cuci piring, sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk membuat sabun cuci piring sendiri.

Setelah melakukan kegiatan penyuluhan para peserta juga dijelaskan bagaimana cara untuk melakukan pengujian pada produk sabun cuci piring buatan sendiri serta cara untuk mendaftarkan produk tersebut ke BPOM, dengan begitu para peserta dapat memproduksi sendiri sabun cuci piring dan dapat mereka pasarkan.

Penutupan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini ditutup dengan foto bersama sebagai bukti bahwa mahasiswa Universitas Pamulang telah melakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perum Mutiara Harmoni, Rajeg, Kabupaten Tangerang.

“Alhamdulillah  kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada hari ini dapat berjalan dengan lancar, semoga apa yang disampaikan oleh rekan mahasiswa dapat berguna bagi masyarakat yang hadir, sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam membuat sabun cuci piring sendiri sampai memasarkannya. Saya juga berharap hubungan antara mahasiswa Universitas Pamulang dengan masyarakat Perum Mutiara Harmoni dapat terus terjalin dengan baik” Ujar Dedi Perimanan selaku ketua kelompok.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply