Tahun Ini UN SMA Sederajat Berbasis Komputer Meningkat

UN2TangselMedia.com – Menurut laman web tangsel, Ujian Nasional Tahun 2016 Tingkat SMA, SMK, dan MAN dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia pada Senin, 4 April 2016. Gubernur Banten Rano Karno turun langsung memantau pelaksanaan UN di SMK Negeri 4 Tangsel dan SMA Negeri 7 Tangsel, sementara Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengunjungi MAN Insan Cendekia Serpong.

Kedua pejabat tinggi Negara tersebut didampingi oleh Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Kepala Dinas Pendidikan Mathodah, dan pejabat daerah lainnya.

Sekitar pukul 07.00 WIB, Walikota Airin tiba di SMK Negeri 4 Tangsel yang beralamat di Jl. Tidore Kelurahan Jombang Kecamatan Ciputat untuk meninjau pelaksaan UN yang menggunakan sistem manual atau Paper Based Test (PBT).

Tak lama berselang sekitar pukul 07.30 WIB Gubernur Banten H Rano Karno pun datang dan langsung melihat 126 siswa yang sedang mengerjakan UN dan juga melihat hasil-hasil gambar buatan siswa dari jurusan Arsitektur.

“Alhamdulillah, pak gubernur dan bu walikota bisa hadir untuk meninjau pelaksaan UN. Dan, Alhamdulillah tadi pak gubernur dan walikota akan mensuport terus sekolah menengah kejuruan. Tadi juga anak-anak datang tepat waktu dan tidak ada yang terlambat,” ujar Kepala SMKN 4 Tangsel.

Hanya 20 menit berada di SMKN 4 Tangsel, rombongan Gubernur, Walikota dan Dindik Tangsel langsung menuju SMA Negeri 7 Tangsel dan meninjau pelakasanaan UN berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT). “Kita bersyukur pendistribusian soal UN berjalan dengan baik. Semua sekolah akan beralih menggunakan sistem komputer,” Terang Gubernur Rano.

Gubernur berharap semoga UN sukses 100 persen dan juga melihat anak-anak dalam pelaksaan UN kali ini sudah tidak memiliki beban. “Pastinya sukses 100 persen. Dan saya juga melihat, dengan tidak dijadikannya UN sebagai syarat kelulusan, anak-anak sudah mulai berkurang bebannya,” jelasnya.

Sementara Walikota Airin Rachmi Diany mengatakan, setelah melihat pelaksaan UN yang menggunakan sistem CBT dan PBT berjalan dengan baik dan berharap semoga bisa sukses sampai selesainya UN.  “Alhamdulillah tadi saya sudah melihat UN yang menggunakan CBT dan PBT sudah berjalan dengan baik. Semoga anak-anak bisa mengerjakan UN dengan maksimal dan insya allah mereka akan lulus. Agar bisa membanggakan kedua orangtuanya,” singkatnya.

Walikota Airin berharfap proses ujian  nasional anak-anak SMAN, SMK dan juga Madrasah Aliyah bisa berjalan dengan lancar. Dia juga berharap anak – anak agar selalu dalam kondisi fit, sarana dan prasarana juga  mendukung.

“Sehingga proses ujian ini menjadi salah satu bentuk penilaian kelulusan dari anak – anak kita. Sekarang ujian nasional tidak jadi faktor kelulusan saja, karena banyak nilai nilai lain diluar ujian nasional ini yang dapat diperhitungkan untuk meluluskan para siswa-siswi,” pungkasnya.

Tahun lalu baru ada 3 sekolah UN yang berbasis komputer, tapi tahun ini sudah ada 27 sekolah yang mengikuti UN, ini kan sudah sangat luar biasa. Mudah-mudahan tahun depan tidak hanya 27 sekolah, tapi bisa tambah lagi dan kita terus kembangkan, karena banyak nilai positifnya dengan UN berbasis online ini.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Tangsel, H Mathoda menjelaskan bahwa UN berjalan dengan lancar. Soal UN tidak ada yang kurang, semoga ini berjalan lancar dan hasilnya maksmimal serta mengintegritaskan kejujuran.

“Berjalan dengan baik dan semoga hasilnya akan maksmial. Meskipun ini bukan syarat kelulusan tetapi integritas kejujuran menjadi nomor satu dalam ujian PBT ini,” paparnya.

Setelah melakukan tinjauan UN 2016 di SMA Negeri 7 Tangsel, Walikota Airin langsung melakukan peninjauan UN di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong bersama dengan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

Sebelum meninjau ruang ujian, Menag Lukman dan Walikota Airin sempat memberikan motivasi dan semangat kepada peserta UN. “Tidak henti-hentinya saya mengimbau kepada para peserta untuk teliti dan cermat dalam mengerjakan soal. Karena hal tersebut merupakan syarat mutlak untuk kesuksesan ujian nasional,” tutur Menag di MAN Insan Cendekia.

Usai memberikan motivasi, Menag langsung memantau persiapan CBT sesi kedua yang akan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB. Menag Lukman dan Walikota Airin pun sempat berbincang kepada beberapa peserta UN 2016 di sana.

Menag Lukman sangat bersukur pelaksanaan UN berlangsung dengan lancar, tentu ini karena persiapan yang matang yang telah dilakukan oleh semua pihak terutama para guru yang cukup lama mendamping siswa siswa menghadapi UN ini.

“Kunjungan saya secara khusus ke MAN IC  Serpong ini karena sekolah ini menerapkan UN berbasis komputer, jadi ini tentu patut kita syukuri karena dengan basis komputer itu kualitas UN jauh lebih meningkat,” jelasnya.

UN ini bisa dijadikan alat ukur pemerintah dan semua stakeholder pendidikan agar bisa meningkatkan kualitas dunia pendidikan. Mulai dari sarana dan prasarana, materi mata pelajaran, kurikulum dan lain sebagainya.
(Imam Chairudin)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply