8 Jam Tidur Bisa Membakar Kalori Setara Dengan Joging Selama Satu Jam!

Lifestyle 0
8 Jam Tidur Bisa Membakar Kalori Setara Dengan Joging Selama Satu Jam!

Jangan salah lho, pembakaran kalori juga terjadi saat tidur (Foto: Thinkstock)

TangselMedia – Bukan hanya ketika beraktivitas, bahkan saat sedang tidur sel-sel dalam tubuh dan otak bekerja keras dan yang juga menyebabkan pembakaran kalori. Ketika tidur, tubuh masih cukup aktif bahkan ketika kamu tidak menyadarinya. Saat tidur, tubuh sebenarnya mempercepat perbaikan sel dan pertumbuhan sel otak saat memproses dan membuang informasi tidak berguna yang kamu kumpulkan sepanjang hari. Jumlah kalori yang terbakar saat tidur tergantung pada berat badan, durasi tidur dan suhu tubuhmu.

“Rata-rata orang membakar sekitar 0,42 kalori per jam per pon (0,4 kg-red) berat badan saat mereka tidur. Jadi, gandakan berat badan dalam pound dengan jumlah jam tidurmu,” ujar nutrisionis, Cathy Posey, RD, dikutip dari Rider’s Digest. Jadi, jika kamu memiliki berat sekitar 155 pound atau sekitar 70 kg dan tidur selama delapan jam, maka jumlah kalori yang terbakar adalah sekitar 520. Jumlah ini kira-kira setara dengan kalori yang terbakar saat jogging selama satu jam.

Baca Juga  Tips Nyaman dan Sehat di Dalam Rumah

Hanya saja, jangan berpikir bahwa tidur dapat menggantikan fungsi dari berolahraga. Lagipula, jumlah kalori itu masih terlampau sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah kalori yang bisa kamu bakar ketika beraktivitas selama 8 jam. Tentu saja, jangan mencoba meningkatkan pembakaran kalori dengan tidur lebih banyak. Sebab, orang yang tidur lebih dari delapan jam bisa saja berisiko lebih tinggi untuk masalah kesehatan seperti stroke, diabetes dan kondisi serius lainnya.

(kna/up)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply