Bimbingan Teknis Sinta 3.0 Bagi Pemeringkatan dan Klasterisasi Perguruan Tinggi

TangselMedia-Kemendikbud Ristek menggelar sosialisasi terkait SINTA versi 3.0. SINTA telah diperbaharui dengan beberapa pengembangan pada sejumlah fitur. Baik memperbaiki kekurangan fitur sebelumnya maupun menambahkan fitur yang memudahkan dosen dan operator di PT untuk melakukan pemutakhiran data. Dalam perilisan SINTA versi 3 tersebut, Ditjen Dikti Ristek juga menjelaskan proses pemutakhiran data.

SINTA yang juga merupakan platform indeksasi atau database hasil publikasi dalam bentuk jurnal. Kemudian memaparkan data jurnal dosen-dosen dan peneliti di Indonesia yang dirangkum dari berbagai database, baik nasional maupun internasional, seluruh jurnal yang masuk ke Scopus akan bisa diakses melalui aplikasi SINTA.

Sosialisasi mengenai aplikasi SINTA (Science and Technology Index) digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Sosialisasi ini membahas mengenai fitur-fitur baru di dalam aplikasi SINTA. Sekaligus menjelaskan mengenai proses pemutakhiran SINTA kepada seluruh dosen di Indonesia. Guna mendukung proses klasterisasi perguruan tinggi yang akan dilakukan atau diumumkan di tahun 2023 sehingga Ditjen Dikti Ristek menghimbau para pimpinan PT dan dosen untuk segera melakukan pemutakhiran data di SINTA masing-masing. Dengan adanya keterbaharuan terkait SINTA 3.0, maka LPPM STIKes WDH mengadakan workshop tentang “Bimbingan Teknis SINTA 3.0 Bagi Pemeringkatan dan Klasterisasi Perguruan Tinggi” agar dosen-dosen lebih memahami terkait fitur SINTA 3.0 dan memacu dosen untuk melengkapi database di SINTA sehingga dapat meningkatkan klasterisasi STIKes Widya Dharma Husada Tangerang di Indonesia.

Baca Juga  Petaka Mati Lampu Separuh Pulau Jawa 2019, Ini Kronologi Penyebab Mati Lampu Separuh Pulau Jawa

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom pada hari Kamis tanggal 11 Agustus 2022, pukul 14.00 s/d selesai dan dihadiri oleh 45 dosen yang terdiri dari dosen dilingkungan STIKes Widya Dharma Husada maupun beberapa dosen diluar lingkungan STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Acara Bimtek ini berjalan lancer dengan antusian para peserta yang aktif bertanya kepada narasumber.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *