Prospek Lowongan Kerja Tangerang Selatan

TangselMedia – Tangerang Selatan merupakan sebuah kota yang memiliki pertumbuhan ekonomi dari berbagai bidang dengan sangat pesat. Meskipun tampak hanya sebagai sebuah kota yang dahulu dianggap kawasan terpinggirkan dari Tangerang, faktanya kini Tangsel justru memiliki rata-rata pendapatan perkapita lebih tinggi dibandingkan dengan Tangerang. Hal itu tidak lepas dari pemanfaatan lahan Tangerang Selatan yang luas untuk berbagai sektor bisnis di mana merupakan salah satu pendongkrak terbesar perekonomian kota di bawah teritorial Provinsi Banten tersebut. Bisnis properti, pusat perbelanjaan, taman hiburan modern, semuanya berkembang dengan baik di Tangerang Selatan. Bahkan, Tangerang kini dijuluki sebagai kota wisata belanja terbaik di Indonesia. Selain itu, dengan banyaknya bisnis yang dirintis dan dijalankan di Tangsel, tidak mengherankan pula kota tersebut menciptakan banyak lowongan kerja Tangerang Selatan.

Lowongan kerja Tangerang Selatan sangat bervariasi, tetapi rata-rata untuk lulusan minimal SMA ke atas. Penghasilan yang ditawarkan melalui standar UMK (Upah Minimum Karyawan) daerah sebesar Rp. 3.270.000,- bukanlah jumlah yang sedikit. Minimum upah inilah pula yang menjadi tolak ukur ekonomi suatu daerah. Di bawah ini adalah profesi-profesi yang banyak dibutuhkan di Tangerang Selatan :

  1. Marketing atau pemasaran

Profesi marketing memiliki deskripsi pekerjaan melakukan berbagai promosi untuk menawarkan produk atau jasa sebuah perusahaan. Profesi yang akrab dengan julukan sales ini merupakan salah satu lowongan dengan angka tertinggi di Tangerang Selatan mengingat banyaknya bisnis yang dirintis dan beroperasi di kota tersebut. Ketentuan untuk menjadi tenaga pemasaran di berbagai perusahaan pun berbeda-beda, ada yang dapat ditekuni oleh lulusan SMA, ada pula yang memiliki standar minimal harus lulusan D3.

  1. Pramuniaga

Tangerang Selatan terkenal pula dengan wisata belanjanya di mana banyak memiliki department store besar atau retail-retail merk kenamaan dunia. Kondisi tersebut turut menciptakan banyak lowongan untuk profesi sebagai pramuniaga toko di Tangsel dengan penghasilan yang cukup tinggi.

Tips Melamar Pekerjaan

Bagi yang ingin melamar lowongan kerja Tangerang Selatan agar meningkatkan prosentase diterima bekerja, berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan :

  • Menguasai lebih dari satu bahasa

Zaman sekarang, penting kiranya untuk memiliki kemampuan berbahasa asing yang fasih. Terutama untuk bahasa Inggris dan Mandarin yang tingkat kebutuhannya cukup tinggi di Indonesia. Tidak ada salahnya mengambil kursus khusus bahasa asing untuk meningkatkan nilai pertimbangan para penyeleksi.

  • Tidak pantang menyerah

Melamar pekerjaan memang bukan merupakan suatu hal yang mudah. Dibutuhkan kegigihan dan kesabaran. Jangan karena ditolak di suatu tempat langsung menyerah. Pelamar kerja harus memiliki mental baja.

  • Tidak gugup ketika wawancara kerja

Banyak yang memiliki kualifikasi cukup untuk sebuah posisi, namun kemudian gagal saat tahap interview atau wawancara. Padahal, tahapan ini penting untuk menentukan kemampuan komunikasi calon karyawan, terutama bagi yang berkontak langsung dengan klien di mana dibutuhkan kemampuan public speaking yang baik.

Lowongan kerja Tangerang Selatan pada tahun 2018 semakin meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang mengisyaratkan pula terjadinya peningkatan pencapaian sektor perekonomian yang merupakan sinyal bagus atas perkembangan daerah tersebut. Namun, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut sendiri juga semakin ketat mengingat setiap tahun jumlah fresh graduate pun kian meningkat. Beruntung, bisnis-bisnis baru yang terus bermunculan berhasil pula menambah daftar lowongan kerja untuk masyarakat sekitar Tangerang Selatan sehingga angka pengangguran yang menjadi momok bagi setiap pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dapat ditekan hingga mencapai level terendah.

Membicarakan lowongan kerja Tangerang Selatan tentunya tidak lepas pula dari pelaksanaan tes CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil yang mana merupakan salah satu profesi yang paling diinginkan di Indonesia. Setiap tahunnya, Kota Tangerang Selatan masih rutin membuka posisi-posisi baru di pemerintahan melalui seleksi CPNS. Namun demikian, persaingannya pun sangat sulit sehingga para calon harus berusaha ekstra keras untuk mewujudkan impiannya agar dapat menjadi seorang PNS. Sementara itu, profesi tersebut sendiri menjadi incaran selain dikarenakan pendapatan tetap juga berkat adanya tunjangan di hari tua sekalipun untuk penghasilan bulananannya masih kalah dengan perolehan karyawan swasta.

 

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply