Penyuluhan Perawatan AC Split Rumah Tangga Warga di Ciledug 1 RT 005 RW 005, Bambu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten

TangselMedia-Kondisi pandemi Covid-19 belum sepenuhnya normal, namun hal itu tidak menghalangi para dosen Universitas Pamulang untuk melaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) sebagai bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu lokasi yang dipilih untuk pelaksanaan PKM oleh salah satu tim PKM Teknik Mesin Universitas Pamulang tersebut adalah pemukiman warga Ciledug 1 Rt. 005 Rw. 05 Kelurahan Bambu Apus Pamulang Tangerang Selatan. Tentu saja pelaksanaan PKM ini tetap mengacu pada protokol kesehatan sebagai tindakan preventive terhadap penyebaran wabah covid 19 yang hingga saat ini masih menjadi permasalahan yang belum tuntas.

Dalam pelaksanaan PKM semester gasal 2020-2021 kali ini, tema yang diambil adalah pelatihan service ringan mesin pendingin ruangan (AC) split / AC rumahan. Sebagaimana telah diketahui bahwa saat ini AC bukan lagi sekedar untuk gaya hidup, melainkan sudah menjadi kebutuhan hampir setiap penghuni rumah untuk memperoleh kenyamanan udara di rumah tinggal, khususnya di daerah perkotaan dengan temperatur udara yang panas. AC memerlukan perawatan agar dapat memberikan performa yang maksimal. Seiring penggunaan, ada masalah yang sering muncul pada AC seperti kebocoran pipa AC, suara berisik, dan temperatur AC yang sudah tidak dingin padahal temperatur sudah diatur pada temperatur rendah. Tentu saja hal ini akan merepotkan pemilik AC, karena harus memanggil tukang service AC untuk memperbaiki dan harus mengeluarkan biaya tambahan. Padahal sebenarnya, sumber masalahnya tidaklah serius sangat, dan penanganannya bisa dilakukan sendiri tanpa mengeluarkan biaya yang banyak.

PKM dengan tema perawatan dan service ringan AC split ini dilaksanakan oleh 5 dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang, yaitu Catur Kurniawan, Mohamad Nasrun, Abdul Choliq, Isro Diyanto, dan Andri Lesmana. Dalam pelatihan ini masyarakat diberikan pelatihan bagaimana mengenali komponen-komponen AC serta fungsinya, mengecek tekanan dan kebocoran, membersihkan bagian outdoor AC yang meliputi kipas, kompresor, kondensor, overload, dryer dan pipa kapiler (office tube). Masyarakat juga diajarkan bagaimana membersihkan bagian indoor AC yang meliputi evaporator, penyaring udara, blower, thermistor, dan PCB. Pelatihan dilakukan dengan cara disassembly (pembongkaran), pemisahan komponen, pencucian, pengukuran tekanan, mengecek kebocoran, serta perakitan ulang (assembly).

Baca Juga  Maraknya Pinjaman Online Dimasa Pandemi, Dosen UNPAM Berikan Penyuluhan

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari dari hari Sabtu 27 Desember 2020 hingga Senin 29 Desember 2020 diikuti sekitar 15 orang warga. Animo warga peserta pelatihan cukup baik yang ditandai dengan antusiasnya warga mengikuti pelatihan dari awal pelaksanaan hingga akhir. Suasana pelatihan cukup santai namun serius, bahkan tidak sedikit pesertanya adalah ibu-ibu yang memang memiliki waktu lebih di rumah.

Pada saat yang sama ada dua kelompok dosen Universitas Pamulang yang melaksanakan PKM namun dengan tema yang berbeda. Bapak Nasrudin selaku Ketua RT. 005 RW. 05 Kelurahan Bambu Apus Pamulang menyambut baik kegiatan PKM dari Universitas Pamulang. Meskipun beliau tidak dapat menunggui acara hingga selesai, namun dalam pesannya, beliau menyampaikan rasa terimakasih dan bangga atas kehadiran Universitas Pamulang di masyarakat dalam memberikan sumbangsih pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat. Beliau mengharapkan agar lebih banyak lagi diadakan acara pelatihan kepada warganya agar semakin banyak ilmu pengetahuan yang diperoleh dan menjadikan masyarakat menjadi melek teknologi. ***

Kontributor : Abdul Choliq

Tags:

Related Posts

Leave a Reply