Mahasiswa Unpam Sosialisasikan Proses Pembuatan Bedak Gatal Dan Alergi di Kunciran, Tanggerang

TangselMedia-Bedak gatal adalah salah satu cara ampuh mengatasi kulit yang gatal. Kandungan bedak ini sudah dirancang khusus untuk meredakan kulit kemerahan dan iritasi. Bahkan beberapa memiliki komposisi spesial seperti menthol, calamine, atau salicyl dengan manfaat berbeda- beda.

Kandungan Bedak Salicyl

Bedak Salicyl memiliki kandungan asam salisilat. Selain terkandung dalam bedak talk, asam salisilat juga dapat ditemukan dalam obat topikal dan juga skin care. Bedak gatal Salicyl memiliki kandungan 2% salicylic acid. Asam salisilat merupakan senyawa yang memiliki sifat bakteriostatik atau menghambat pertumbuhan bakteri, fungisida atau membasmi jamur, serta kerotilitik yang mampu menghilangkan lapisan keratin di luar kulit dan juga meningkatkan kelambapan kulit. Asam salisilat digunakan untuk mengatasi penyumbatan pada pori-pori. Tersumbatnya pori-pori dapat terjadi ketika sel-sel kulit mati menutup folikel rambut. Jika kelenjar keringan tersumbat atau jika sel kulit mati dan bekteri terperangkap di bawah kulit, maka dapat memicu timbulnya biang keringat

Manfaat Bedak Salicyl

Manfaat bedak gatal Salicyl adalah untuk mengatasi gatal akibat biang keringat dan beberapa jenis gangguan kulit lainnya. Biang keringat adalah ruam kulit yang terjadi ketika keringat, bakteri, dan sel kulit mati terjebak di bawah kulit. Ruam akibat biang keringat umunya muncul akibat cuaca padan dan lembap. Ruam yang muncul dapat berwarna merah dan menonjol dan menimbulkan rasa gatal atau bahkan ditusuk-tusuk. Selain untuk mengatasi gejala biang keringat, Salicyl talk juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Penggunaan obat ini setelah bercukup dapat meningkatkan kelembapan kulit dan mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, penggunaan bedak ini secara rutin juga dapat meningkakan kesehatan kulit, serta menjaga kulit agar tetap sehat dan halus. Penggunaan bedak Salicyl ini paling disarankan untuk pemilik kulit normal dan berminyak.

Kontraindikasi Bedak Salicyl

Bedak salicyl memang relatif aman untuk digunakan, namun tidak semua orang diperbolehkan untuk menggunakan bedak ini. Penggunaan Salicyl talk tidak diperbolehkan dalam beberapa kondisi seperti berikut ini: Memiliki hipersensitivitas terhadap asam salisilat Memiliki hipersensitivitas terhadap talk Memiliki kondisi kulit sensitif Memiliki kondisi kulit kering Terdadapat infeksi dan luka terbuka pada kulit.

Dosis Bedak Salicyl Bedak Salicyl

Tersedia dalam bentuk bedak tabur. Komposisi bedak Salicyl adalah terdiri dari 2% asam salisilat dan 98% talk atau talek. Dosis yang disarankan untuk penggunaan bedak Salicyl adalah 1-2 kali per hari. Jangan menggunakan bedak ini secara berlebihan dan melebihi dosis yang disarankan tanpa berkonsultasi ke dokter maupun apoteker. Cara Penggunaan Bedak Salicyl Penggunaan obat penting untuk diperhatikan agar oabat dapat bekerja dengan benar dan tidka meberikan efek negatif pada tubuh. Cara penggunaan bedak Salicyl yang disarankan adalah sebagai berikut ini: Pastikan kulit yang gatal dalam keadaan bersih dan juga kering. Disarankan untuk menggunakan bedak ini setalah mandi. Usapkan bedak secara merata pada bagian kulit yang gatal. Hindari mengaplikasian bedak terlalu dekat dengan area sensitif seperti hidung, mulut, dan mata

Baca Juga  Pelepasan Peserta Jambore Nasional 2016 oleh Walikota Airin

Efek Samping Bedak Salicyl

Setiap obat berpotensi untuk menimbulkan efek samping, begitu juga dengan bedak Salicyl. Berikut adalah efek samping bedak Salicyl yang mungkin muncul: Iritasi kulit Kulit menjadi lebih kering Kulit semakin gatal Kulit memerah Kulit mengelupas Sensasi terbakar pada kulit Nyeri pada kulit. Umumnya bedak Salicyl dapat ditoleransi dengan baik oleh kulit karena kandungan asam salisilatnya yang relatif rendah dan juga karena talek merupakan bahan yang aman untuk kulit. Namun setiap orang tentunya memiliki toleransi yang berbeda terhadap obat. Jika muncul efek samping bedak Salicyl seperti di atas, segera hentikan penggunaan obat ini. Apabila efek samping tidak membaik setelah penggunaan bedak dihentikan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Interaksi Obat Penggunaan suatu obat bersama dengan obat lainnya bisa menyebabkan interaksi obat yang bisa menurunkan efektivitas obat dan meningkatkan risiko timbulnya efek samping. Begitu juga dengan penggunaan asam salisilat bersama dengan obat lain baik resep, non-resep, maupun obat herbal. Bedak Salicyl digunakan sebagai obat luar, sebaiknya perhatikan penggunaan obat topikal lainnya pada kulit. Jika sedang menggunakan obat lain, tanyakan pada dokter tentang penggunaan bedak Salicyl ini untuk menghindari interaksi obat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa UNIVERSITAS PAMULANG di Kampung Kunciran Induk, Kelurahan Kunciran Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Pada hari Minggu, 19 Desember 2022. dihadiri oleh Dosen Pembimbing Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Ibu Junaenah, Bapak Sahrul selaku ketua RT dan Ibu Mardiah selaku Ketua RW Kampung Kunciran, serta mahasiswa Fakultas Teknik Industri Universitas Pamulang.

Subiyan selaku pemateri kegiatan PKM Mahasiswa menjelaskan proses dan manfaat dari bedak gatal dan alergi. Pemilihan bahan baku hingga peralatan yang akan digunakan untuk pembuatan bedak alergi disiapkan dan praktikan di depan para warga kunciran, agar warga dapat mempraktikan di rumah untuk tahap pembuatannya sendiri. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan khalayak sasaran tentang proses pembuatan bedak gatal gatal dan alergi. Dengan kegiatan ini kelompok pembisnis online shop dihimbau dapat memanfaatkan dan membuat sendiri cara pembuatan bedak gatal sehingga dapat memenuhi kebutuhan bagi masyarakat sekitar.

Kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat terdiri dari 5 Mahasiswa yang diketuai oleh Subiyan, Mulyadi, Riyan Saputra, Fuzan Rahmatullah Al-Haq dan Jefri sebagai anggota dan dosen pembimbing Ibu Junaenah S.T M.M. Bapak Sahri selaku ketua RT Kampung Kunciran dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh team Falkutas Teknik Industri Universitas Pamulang dan berharap semoga kedapannya silahturahmi ini tidak menjadi pertama dan terakhir, dan berharap semoga materi yang disampaikan dapat bermanfaat luas bagi masyarakat kampung kunciran kedepannya.

Tags:

Related Posts

Leave a Reply