Perkuat Penelitian, Prodi Teknik Mesin UNPAM Gandeng Kerja Sama dengan BRIN Sekaligus Kunjungan Laboratorium

TangselMedia-Pada era globalisasi saat ini, seorang dosen selain sebagai seorang pendidik juga dituntut untuk mampu melakukan kolaborasi dengan mitra dalam rangka memperkuat jejaring dan kerja sama penelitian. Melalui kerja sama ini diharapkan akan terjadi sharing pengalaman dan fasilitas penelitian sehingga pada gilirannya mampu meningkatkan kualitas penelitian dan jumlah publikasi. Lebih dari itu, kolaborasi tersebut diharapkan mampu memperkuat upaya hilirisasi dan industrialisasi hasil-hasil riset dengan melibatkan secara langsung mitra kerja sejak menyusun rencana penelitian sampai dengan pemanfaatan hasil riset.

Dengan latar belakang akan pentingnya sinergi dalam penelitian, maka kerjasama tersebut harus dilakukan secara melembaga dengan diawali melalui Memorandum of Agreement (MoA). Untuk itulah, Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang mencoba untuk merangkul sejumlah instansi pemerintah maupun swasta dalam rangka menjembatani para dosen dalam peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian. Terbaru, salah satu instansi pemerintah yang menyepakati kerjasama dengan Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang adalah Pusat Riset Fisika, Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Teknik, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sebagaimana telah diketahui, bahwa BRIN merupakan suatu Badan yang dipercaya oleh pemerintah untuk menggerakan roda riset di Indonesia melalui integrasi dari kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan, serta invensi dan inovasi.

Penandatanganan MoA antara Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang dengan Pusat Riset Fisika, Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Teknik, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah dilakukan pada hari Selasa tanggal 19 Oktober 2021 bertempat di gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang, kampus III Witana Harja. Penandatanganan MoA dilakukan oleh Nur Rohmat, S.T., M.T. selaku Ketua Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang dan Dr. Rike Yudianti selaku Kepala Pusat Riset Fisika, Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Teknik, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Mendampingi Kaprodi Teknik Mesin turut hadir Ersam Mahendrawan, S.Pd, M.Pd,., Dra. Edi Tri Astuti, M.Eng. dan kordinator kerja sama Prodi Teknik Mesin Abdul Choliq, S.T., M.T. Dari Pusat Riset Fisika yang hadir adalah Prof. Drs. Perdamean Sebayang, M.Sc., Dr. Witha B.K. Putri dan Nining S. Asri, M.Sc., selaku peneliti. Perjanjian kerja sama penelitian ini dilakukan selama tiga tahun dan setiap tahunnya akan dimonitor dan dievaluasi.

Kaprodi teknik mesin Universitas Pamulang dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama pemelitian yang dijalin saat ini diharapkan dapat menjadi pembuka untuk kerjasama-kerjasama berikutnya.

Baca Juga  Tiga Kecamatan Di Solok Selatan-Sumatera Barat Ditimpa Banjir

“Kami mengharapkan agar jalinan kerja sama ini dapat memperkuat kemitraan dalam mendorong dosen dan mahasiswa untuk menghasilkan penelitian-penelitian serta inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka kemajuan bangsa,” harap Nur Rohmat selaku Kaprodi Teknik Mesin Unpam.

Setelah acara penandatanganan MoA dan ramah tamah, Dr. Rike Yudianti beserta rombongan berkesempatan mengunjungi laboratorium Teknik Mesin serta beberapa unit produksi yang dikelola Universitas Pamulang, antara lain unit pengolahan coklat, unit pengolahan soy fiber, dan unit produksi simulator sistem kemudi dan rem mobil. Beliau memberikan apresiasi atas kemajuan yang telah dicapai Universitas Pamulang sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Kotamadya Tangerang Selatan.

“Kami mengapresiasi atas kemajuan yang dicapai Universitas Pamulang dan mengharapkan agar produk-produk yang dikelola Universitas Pamulang dapat lebih diterima masyarakat dan lebih luas lagi skala pemasarannya,” tutur Rike Yudiarti yang mewakili BRIN.***

Kontributor: Abdul Choliq, dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang.

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply