Fakultas Teknik dan Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang Jalin Kerjasama dengan CV AKS Jakarta

Opini 0

Fakultas Teknik dan Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang Jalin Kerjasama

dengan CV. AKS Jakarta

Oleh: Abdul Choliq

 

Profil CV AKS Jakarta

Penggunaan mesin sebagai peralatan kerja menggantikan cara manual merupakan perubahan yang tidak terelakan. Hal ini dilakukan karena tuntutan efisiensi kerja, waktu dan biaya dalam menjalankan suatu usaha. Dalam hal sederhana, mulai pekerjaan rumah tangga, pertanian, peternakan, industri secara berangsur mulai beralih menuju cara yang lebih mudah dengan memanfaatkan mesin-mesin.

CV.AKS Jakarta merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengadaan mesin. Bp. Irsan Widjaja (direktur AKS) menceritakan bahwa perusahaan ini tidak serta merta didirikan dengan kondisi sebesar saat ini. Pada awalnya usaha ini dimulai di Medan Sumatera Utara dengan menjual 30unit mesin pengolahan kayu yang saat itu banyak diperlukan. Kemudian pada 30 Juni 1983, AKS memperluas bisnisnya dengan membuka showroom mesin pertama dengan mendirikan gudang di atas sebidang tanah seluas 5300 m2. Pada tahun 1986, AKS memperluas bisnisnya lagi dengan membuka showroom kedua di Surabaya, Jawa Timur, dan Medan, Sumatera Utara dengan tujuan yang lebih luas untuk menjangkau pelanggan dari Timur Indonesia serta Sumatera. Berbagai tantangan dan kendala telah beliau lalui dalam membangun usaha hingga menjadi perusahaan yang cukup besar dan terkenal.

Mesin-mesin yang disediakan CV. AKS tidak terbatas lagi hanya mesin perkayuan. Namun berbagai mesin akan sangat mudah kita jumpai di showroom CV. AKS. Mulai dari mesin industri, mesin pengolahan logam, mesin pengolahan makanan, mesin bengkel, mesin pertanian, mesin konstruksi, bahkan alat berat semisal forklift, wheel loader, excavator, dll. Lokasi showroom CV. AKS Jakarta terletak di Jl. Muara baru No 3 A-B-C Penjaringan, Jakarta Utara. Tidaklah sulit untuk sampai ke sana. Lokasi bisa dilacak melalui google map atau untuk patokannya, lokasi tidak jauh dari Masjid Luar Batang yang cukup dikenal. Dan untuk masalah pengiriman pun tidak perlu dirisaukan karena berdekatan dengan Pelabuhan Tanjung Priok dan Stasiun Gudang Jakarta.

Baca Juga  Politik Kawan dan lawan

Baca Juga : Fakultas Teknik Dan Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang Merangkai Kerjasama Dengan PT. Surya Gemilang Buana Tangerang

Kerjasama Fakultas Teknik dan Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang dengan CV AKS Jakarta

Dengan memperhitungkan eksistensi dan sejarah panjang perusahaan tersebut, maka Fakultas Teknik dan Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang mencoba untuk menjalin kerjasama dalam bidang penelitian dan pengembangan instrument pembelajaran. Kerjasama ini dinilai sangat tepat mengingat bidang usaha yang dikembangkan oleh CV. AKS sangat erat kaitannya dengan mata kuliah yang ada di Prodi Teknik Mesin, khususnya tentang peralatan proses produksi, perbengkelan, dan peralatan lain yang terkait industri dan permesinan.

Kamis tanggal 29 April 2021 yang lalu telah dilakukan penandatanganan form Implementation Arrangement (IA) oleh direktur CV. AKS Bp. Irsan Widjaja yang menandai awal kerjasama yang akan dijalin. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Bp. Angga (Sales Manager CV. AKS) dan Abdul Choliq, ST, MT selaku dosen sekaligus kordinator bidang kerjasama prodi yang mewakili Dekan Fakultas Teknik dan Prodi Teknik Mesin.

Sebagai bentuk kepedualian CV. AKS terhadap pendidikan utamanya kegiatan praktikum di laboratorium produksi, CV. AKS memberikan cenderamata berupa beberapa jam dinding, brosur dan baner yang berisi tentang tata tertib kerja workshop untuk mengingatkan pentingnya menjaga tata tertib, kesehatan dan keselamatan kerja selama berada di laboratorium/workshop.***

*Penulis adalah Dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply