Petugas Gabungan Menggelar Uji Kelaikan Kendaraan Umum

Info Kota 0
Petugas Gabungan Menggelar Uji Kelaikan Kendaraan Umum

Ilustrasi: Petugas Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya melakukan uji petik kelaikan armada Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP) angkutan libur Natal dan Tahun Baru 2019 di PO Bus Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (20/12/2018). Pemeriksaan kelayakan bus saat musim liburan akhir tahun ini meliputi kelengkapan surat kendaraan, rem, ban, lampu serta mesin agar memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penumpang. (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)

TangselMedia – Petugas gabungan melakukan uji kelaikan angkutan umum dan tes urine pada pengendara di Terminal Pasirhayam Cianjur, Jawa Barat, menjelang Natal dan Tahun Baru 2019, sebagai antisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan akibat kelalaian. Petugas gabungan yang terdiri dari Polres Cianjur, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Badan Narkotika Nasional Cianjur, menggelar uji kelaikan angkutan umum antar kota antar provinsi (AKAP) dan tes urine bagi sopir yang melintas di terminal tersebut.

Baca Juga  Masjid Ar Rahmah Rempoa Kerjasama Dengan PMI Tangsel Gelar Acara Donor Darah

Kapolres Cianjur AKBP Soliyah di Cianjur, Kamis, mengatakan, hasil dari uji kelaikan, terdapat satu unit kendaraan AKAP terpaksa dikandangkan petugas karena dinilai tidak laik jalan. “Kami mendapati satu unit yang tidak laik jalan, sehingga kami lakukan pengandangan kendaraan,” ujar Soliyah.  Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 intensitas penumpang dipastikan meningkat, sehingga diperlukan upaya antisipasi untuk menekan terjadinya kecelakaan lalulintas selama pelaksanaan hari besar tersebut.

“Upaya ini untuk mengantisipasi kecelakaan lalulintas karena kendaraan diharuskan laik jalan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan,” ujarnya. Sedangkan dari 15 orang pengendara angkutan umum yang dilakukan tes urine keseluruhannya dinyatakan negatif.

“Pengendara semuanya negatif tidak ada yang terindikasi menggunakan narkoba. Namun, ada beberapa orang tidak memiliki SIM, sehingga kami memberikan teguran dengan cara menilang,” ujarnya.

Soliyah menambahkan, selama satu tahun terakhir angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Cianjur, dibandingkan dengan tahun lalu cenderung menurun. “Saya berharap pada pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 angka kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Cianjur nihil atau zero,” kata Soliyah.

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply