PKM Mahasiswa FH Unpam Berikan Penyuluhan Pengenalan Hukum Bagi Usia Dini Kepada Yatim dan Dhuafa Al Jannah, Bambu Apus

PKM Mahasiswa FH Unpam Berikan Penyuluhan Pengenalan Hukum Bagi Usia Dini Kepada Yatim dan Dhuafa Al Jannah, Bambu Apus

 

TangselMedia-Dalam rangka program tridarma perguruan tinggi Universitas Pamulang, mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Pamulang melakukan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di yayasan Rumah Yatim dan Dhuafa Al-Jannah, Jl. Oskar 3 No.130 B, Bampu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan (29/05/2021). Kegiatan berlangs dengan penyuluhan dan dilaksanakan dengan mengikuti prosedur kesehatan dalam menyikapi pandemi corona.

Tim pengabdian kepada mayarakat ini dibimbing oleh dosen Isnu Harjo Prayitno, S.H., M.H. dan diketuai oleh Eliasar Lay dengan anggota diantaranya Eri Afriyanto, Anderias Kondo , dan Richard Farhan. Kegiatan yang PKM ini objeknya adalah pemberian penyuluhan kepada anak annak di usia dini dengan tema “Menanamkan dan Mengenalkan Arti Hukum Bagi di Usia Dini Pada Yatim dan Dhuafa Al Jannah”. Penyuluhan diawali dengan Doa bersama, perkenalan, penyampaian materi dan ditutup dengan doa bersama.

Penyampaian materi Pengabdian Kepada Masyarakat diberikan berdasarkan uraian yang secara sistematis memberikan gambaran hukum dengan memilih Yayasan Rumah Asuh Yatim dan Dhuafa Al-Jannah sebagai objek penyuluhan dengan memberi pemahaman, mengenalkan dan menamkan arti hukum di usia dini. Kegiatan dilakukan penyuluhan dilakukan oleh tim PKM selaku yang bertanggung jawab mengenalkan arti hukum serta secara penal (pidana) dan non penal (non pidana) sesuai materi-materi yang diberikan oleh dosen pembimbing Universitas Pamulang kepada mahasiswa.

Baca Juga  Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa FH Unpam Berikan Penyuluhan Etika Bermedia Sosial di Ponpes Al-Intiba, Ciputat

Uraian materi yang telah diberikan sebagai edukasi metode non penal policy (kebijakan non pidana) merupakan senjata untuk mencegah ketidakadilan serta membentuk rasa cinta terhadap aturan sejak usia dini sehingga karakter anak terbentuk dan tetap terjaga hingga dewasa. Memberikan penyuluhan ini bagi anak usia dini diharapkan lebih membuka daya pikir, menciptakan karakter yang tunduk pada aturan, bertindak sesuai aturan di hari lepas hari sehingga di mana saja mereka juga turut berperan sebagai serana non penal bagi sosial agar tercapainya keamanan sosial,kerukunan dan keharmonisan.

Dengan penuh keceriaan dan semangat yang luar biasa dari anak-anak yatim dan dhuafah Al-Jannah dalam menyambut kegiatan PKM yang dilakukan oleh mahasiswa FH Universitas Pamulang akhirnya PKM terlaksana dengan baik.

Adapun keaktifan anak-anak dan tim pembimbing Yayasan dalam menanggapi materi sehingga turut mendukung suasana penyuluhan sehingga kegiatan dapat berakhir sesuai sesuai target. Selepasnya penyuluhan dilanjutkaan dengan pemberian oleh-oleh atau suvenir kepada anak-anak dan pengurus Asrama Yatim dan Dhuafa Al-jannah diakhiri dengan penutupan dan Doa bersama.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply