Mahasiswa FH Unpam Gelar Penyuluhan Hukum Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat di Kelurahan Lengkong Wetan

TangselMedia-Mahasiswa Fakultas Hukum S1 Universitas Pamulang menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan pada hari Sabtu 13 November 2021. Acara di mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.30 WIB yang dilaksanakan dalam rangkaian penyuluhan hukum oleh 5 kelompok di Aula Kelurahan Lengkong Wetan .

Acara ini dihadiri oleh Lurah Kelurahan Lengkong Wetan Matalih, S.Sos, beberapa Ketua Rukun Warga (RW), Rukun Tetangga (RT),  Sekjen Karang Taruna, Aris serta masyarakat sekitar.

Acara yang dipandu oleh MC Ambarsari dan Florianus Rino berjalan lancer yang dimulai dengan pembacaan Do’a dilanjutkan dengan sambutan dari Lurah Lengkong Wetan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasihnya kepada dosen pembimbing dan para mahasiswa yang mau mensosialisasi bertema hukum kepada masyarakat di Kelurahan Lengkong Wetan.

“Terima kasih kepada bapak dosen, semua mahasiswa yang sudah lama berkordinasi datang ke kelurahan terkait PKM ini, kami juga berupaya untuk mengundang warga, namun karena warga masih ada kegiatan di masyarakat maka yang mewakili hadir hanya pak RT, pak RW dan sekjen karang taruna beserta beberapa anggota”, ujar Matalih selaku Lurah Lengkong Wetan.

“Memang saat ini masih rawan terkait masalah pinjol termasuk terkait bahaya ancaman narkoba, khususnya bagi anak anak remaja. Terkait permasalahan ini kami berterimakasih pada rekan rekan mahasiswa khususnya Fakultas Hukum Unpam yang mau memberikan pemahaman hukum terhadap warga kami, khususnya anak-anak muda. Kemudian anak kami juga ada yang merupakan lulusan kuliah Unpam tahun 2018, yaitu Saudara Aris selaku Sekjen Karang Taruna Kelurahan Lengkong Gudang Wetan”, imbuhnya.

Kemudian Isnu Harjo Prayitno, S.H., M.H selaku dosen pembimbing memberikan apresiasi terutama kepada Lurah Matalih dan para mahasiswa yang melaksanakan PKM.

“Saya mengapresiasi sekali kepada Bapak Matalih selaku Lurah di Kelurahan Lengkong Wetan dan para mahasiswa Fakultas Hukum Unpam sehingga terselenggaranya kegiatan PKM ini dengan lancar. Insya Allah kegiatan ini sangat berguna bagi masyarakat terutama bagi warga di kelurahan Lengkong Wetan. Dan kegiatan seperti ini menjadi bukti bagi insan akademik untuk peduli kepada masyarakat disekitarnya”, ujar dosen FH Unpam yang juga Ketua LBH Unggul.

Ahmad Feri selaku ketua kelas menyatakan jika kegiatan ini merupakan bukti dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dari Universitas Pamulang.

“Mahasiswa sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya atas diberikannya kesempatan di kantor kelurahan Lengkong Wetan untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat atau yang biasa dikenal dengan kegiatan PKM yang bertujuan untuk menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi Universitas Pamulang”, ujarnya.

Baca Juga  Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa FH Unpam Berikan Penyuluhan Etika Bermedia Sosial di Ponpes Al-Intiba, Ciputat

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari mahasiswa yang terdiri dari 5 kelompok diantaranya :

  1. Kelompok 1 mengangkat tema “Bijak Menggunakan Media Sosial”, sebagai ketua Eka Susopraniningsih Putri Trisnawati dengan anggota Agustinus Silo Eko Prastowo, Florianus Rino, Hendri Ridwan Hidayat dan Leo Dharmawan.
  2. Kelompok 2 mengangkat tema “Peran Mahasiswa Dan Seluruh Masyarakat Untuk Mencegah Dan Menangani Narkotika Dan Psiktropika Dalam Melindungi Generasi Bangsa Indonesia” sebagai ketua Ambarsari dengan anggota Arif Nur Hidayat, Nina Sunarti, Wahyu Nogo Widodo dan Uswatun Hasanah.
  3. Kelompok 3 mengangkat tema “Perlindungan Hukum Terhadap Jual Beli Hak Atas Tanah Yang Dilakukan Dibawah Tangan” sebagai ketua Umar Husaeni, Amir Husaeri, Rendi Setiawan, Rivialda Win Ayu Lukika dan Yuni Cristin.
  4. Kelompok 4 mengangkat tema “Pinjaman Online (pinjol) ilegal, apa perlu dibayar?”, sebagai ketua Ahmad Feri dengan anggota Mohammad Dezan Darmawan, Zulfahmi dan Muhammad Jibril.
  5. Kelompok 6 mengangkat tema “Pemahaman Legalitas Hak Merek Bagi UMKM”, sebagai ketua Dalindra Ugo Larosa dengan anggota Nasarudin, Zailan Asep, Jon Efendi Nainggolan.

Dari atas kiri : Penyuluhan dari Kelompok 1, Kelompok 2 dan Kelompok 3, Dari bawah kiri : Penyuluhan dari Kelompok 4, Kelompok 6 dan Sambutan Dosen Pembimbing PKM

Dalam pemaparan materi dilakukan secara bergantian oleh masing-masing anggota yang berjumlah 5 kelompok. Masing-masing memberikan materi sesuai dengan tema yang diangkatnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya dan terutama masyarakat di Kelurahan Lengkong Wetan. Dari masyarakat yang hadir terlihat antusias dan terdapat tanya jawab yang dinamis.

Atas kelancaran acara PKM, Ahmad Feri selaku ketua kelas menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya terhadap kepala Lurah lengkong Wetan, Matalih, S.Sos beserta jajarannya yang sudah menyediakan tempat dan waktunya. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Dosen Pembimbing PKM, Isnu Harjo Prayitno, S.H., M.H. yang telah membimbing dalam terselenggaranya kegiatan ini serta para hadirin yang telah mendukung dan menghadiri kegiatan PKM ini.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya terhadap kepala Lurah lengkong Wetan, Matalih, S.Sos beserta jajarannya yang sudah menyediakan tempat dan waktunya dan juga kepada Dosen Pembimbing PKM, Isnu Harjo Prayitno, S.H., M.H. yang telah membimbing dalam terselenggaranya kegiatan ini serta para hadirin yang telah mendukung dan menghadiri kegiatan PKM ini”, tutur Ahmad Feri.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply