Cegah Lahirnya Permasalahan Sosial, Dosen FH Unpam Sosialisasikan Pentingnya Ketahanan Keluarga

TangselMedia-Banyaknya angka pemakai narkoba, tawuran pelajar, pergaulan sex bebas, perceraian dll menunjukkan cerminan lemahnya benteng keluarga dalam menjaga ketangguhan dan keharmonisannya. Oleh karena itu beberapa dosen dari Fakultas Hukum Universitas Pamulang berupaya melakukan sosialisasi pentingnya Ketahanan Keluarga kepada masyarakat secara langsung sekaligus sosialisasi Raperda Ketahanan Keluarga yang sedang digodok. Kegiatan dikemas dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Kelurahan Buaran, Tangerang Selatan yang dilakukan di Aula Kantor Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan pada Jumat (26/11/2021).

Kegiatan sosialisasi yang mayoritas di hadiri oleh ibu-ibu penggerak PKK ini berlangsung seru dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang dilemparkan kepada narasumber. Para peserta kebanyakan menanyakan hal-hal yang terkait sulitnya mengatur anak-anaknya karena faktor gadget dan pergaulan dengan teman-temannya.

PKM yang mengusung tema “Sosialisasi Konsep Ketahanan Keluarga Yang Ideal Untuk Menciptakan Keluarga Tangguh dan Sejahtera di Kelurahan Buaran, Tangerang Selatan” dipresentasikan oleh Isnu Harjo Prayitno S.H, M.H. yang dibantu Edi Sofwan S.H, M.H. Pada intinya pemateri mensosialisasikan tentang pentingnya Ketahanan Keluarga bagi masyarakat agar dapat menciptakan keluarga yang tangguh dan sejahtera.

Baca Juga  Dorong Lahirnya Perda Ketahanan Keluarga di Tangsel, Dosen Unpam Lakukan PKM Ke Kelurahan Keranggan

“Ketahanan keluarga merupakan akumulasi dari ketahanan fisik keluarga, ketahanan sosial budaya, ketahanan ekonomi, ketahanan sosial psikologi dan ketahanan agama. Lemahnya ketahanan diatas mengindikasikan lemahnya ketahanan keluarga yang berpotensi terjadinya permasalahan sosial”, kata Isnu yang juga ketua kegiatan PKM ini.

“Dalam Al Quran dikatakan lahirnya keluarga yang harmonis (Sakinah) itu adanya Mawaddah (kecintaan) dan Warahmah (kasih sayang). Tidak ada keluarga yang tangguh kecuali ada pribadi yang tangguh, pribadi yang tangguh adalah pribadi yang baik dan damai”, imbuh Isnu.

Acara sosialisasi ini menjadi daya tarik tersendiri dengan adanya promosi dari salah satu produk F&B yang dibagikan kepada para peserta yang hadir. Suasana hujan diluar yang deras menjadikan para peserta semakin asik menyimak penjelasan dari para pemateri.

Diakhir acara pihak kelurahan sangat mengapresiasi kegiatan PKM yang dilakukan oleh para dosen Universitas Pamulang.

“Insya Allah kami sangat terbuka untuk menjadi tempat PKM dari Universitas Pamulang. Bahkan PKM yang dilakukan oleh Univesitas Pamulang paling tidak sudah empat kali diadakan di Kelurahan kami”, tutup Nurdin selaku perwakilan dari Kelurahan Buaran.***

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply