Sosialisasi Implementasi Reliability Centered Maintenance Dalam Perawatan Perabotan Rumah Tangga Dan Fasilitas Umum Dusun Pasir Kaliki

TangselMedia-Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Telah dilaksanakan pada tanggal 1 – 3 juni 2022 Pengabdian kepada Masyarakat yang diketuai oleh Rusmalah,ST.,MT dengan beranggotakan Muhammad Yusuf, ST.,MT. dan Wanto Sarwoko, ST.,MT. dengan beberapa mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang, Tema PkM yang  akan dibawakan adalah Sosialisasi Implementasi Reliability Centered Maintenance Dalam Perawatan Perabotan Rumah Tangga Dan Fasilitas Umum Dusun Pasirkaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan membantu masyarakat warga Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dalam mengatasi persoalan- persoalan yang dihadapi dalam melakukan perawatan secara mandiri terhadap peralatan pribadi ataupun peralatan-peralatan milik desa yang ada saat ini. Dimana masyarakat harus mampu melakukan teknik-teknik maintenance secara baik dan efektif yang nantinya bisa menjadi sumber-sumber keterampilan baru dalam mencari peluang pekerjaan. Salah satu keberhasilan mandiri masyarakat Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Bapak Dede Amung Sutarya. S.Pd selaku Kepala Desa Genteng menyambut baik PkM yang dilaksanakan di Desa Genteng dalam sambutannya Bapak Dede Amung Sutarya. S.Pd menyatakan Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mengalami kemajuan yang cukup baik dan memiliki masyarakat desa dengan tingkat gotong royong yang tinggi, Namun ada beberapa hal yang masih terus ditingkatkan, salah satunya yakni perbaikan pengetahuan dalam bidang Teknik. Indikator perbaikan pengetahuan dalam bidang teknik dapat ditinjau dari kemampuan warga masyarakat yang belum memahami konsep dasar Teknik Perawatan/Maintenance terhadap peralatan pribadi dan peralatan fasilitas umum. Oleh sebab itu Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, memerlukan pembinaa/pelatihan yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan warga.

Baca Juga  Bekam, Solusi Segala Macam Penyakit

Dalam Pemaparannya Muhammad Yusuf.,ST.MT selaku narasumber menjelaskan bahwa dengan mengimplementasikan Reliability Centered Maintenance Dalam Perawatan Perabotan Rumah Tangga Dan Fasilitas Umum dapat meningkatkan keterampilan masyarakat desa genteng dalam merawat peralatan milik desa ataupun perabotan rumah tangga agar tetap optimal dan dapat berfungsi dengan baik ketika akan digunakan. Bapak Rusmalah selaku ketua PkM menambahkan dengan melakukan teknik – teknik maintenance secara baik dan efektif dapat meningkatkan skill masyarakat desa dan dapat meminimalisir dan mencegah terjadinya kerusakan pada perabotan rumah tangga dan peralatan – perlatan desa yang lebih parah.***

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply