Kegiatan Pengelolaan Cashflow Artie Tasty-UMKM Pamulang Estate dengan Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana

TangselMedia-Kondisi Pandemi Covid-19 yang berlangsung membaik, membuat para UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) terus berupaya melanjutkan usaha yang dijalankannya agar dapat lebih berkembang. Dengan kondisi pasca Covid-19 menyebabkan kondisi keuangan rumah tangga membaik membuat target pasar lebih luas, sehinga para UMKM lebih mudah terpenuhi dalam kebutuhan modal usaha, mempunyai cadangan untuk keperluan yang penting dan untuk kepentingan investasi.

Tim Dosen prodi Sarjana Akuntansi FEB Universitas Pamulang ingin mengambil peranan dalam membantu masyarakat dengan sumbangsih ilmu. UMKM dipilih yang berdomisili di wilayah Tangerang Selatan yang sudah tergabung dalam Komunitas UMKM Pamulang Estate. Komunitas ini terdiri dari pengusaha mikro dengan target pasar wilayah Tangerang Selatan dan sekitarnya dengan produksi memfokuskan pada makanan ringan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Ibu Lioni Indrayani, S.E., M.M. Pelatihan dilakukan oleh tim Dosen yang beranggotakan: Bapak Wisjnumurti Bambang Permadi, S.E., MBA dan Ibu Dewi Ulfah Arini, S.Psi., M.Psi… serta dibantu oleh dua mahasiswa Nuzullia Nurul Hidayat dan Rizqi Ramadhan Situmorang.

Kegiatan PKM dilakukan dengan mengunjungi Artie Tasty secara langsung pada Rabu 22 Juni 2022 pukul 09.30 WIB yang beralamat di Jalan Cempedak Raya G7 no 20. Pamulang Estat, Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15417.

Pemilik UMKM Artie Tasty ini adalah Ibu Roosyati. UMKM ini sudah pernah dikunjungi oleh Tim Dosen prodi Sarjana Akuntansi FEB Universitas Pamulang. UMKM iniĀ  menjual makanan ringan berupa donat, roti, risoles dan rogut dengan menggunakan bahan-bahan premium dengan harga jual yang sangat terjangkau. Produk Artie Tasty memiliki ciri khas rasa yang berbeda dengan kompetitor sekitarnya. Perkembangan UMKM Artie Tasty ini dari kunjungan pertama dengan kedua mempunyai perkembangan yang signifikan.

Baca Juga  Anies-Sandi Menang dalam Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua, Prabowo Tersenyum Bahagia

Pokok permasalahan yang dialami oleh UMKM Artie Tasty pada kunjungan PKM kedua yaitu pemilik Ibu Roosyati ingin mengetahui apakah harga jual produk sudah sesuai dengan modal yang dikeluarkan untuk mengetahui keuntungan atau laba yang diperoleh. Dengan pokok permasalahan tersebut membuat tim Dosen prodi Sarjana Akuntansi FEB Universitas Pamulang melakukan sumbangsih ilmu dalam menghitung total modal yang dikeluarkan UMKM Artie Tasty ini dengan rinci sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih baik tetapi tetap mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan, tanpa mengubah komposisi yang digunakan sebelumnya. Kegiatan selanjutnya adalah pelatihan pencatatan keuangan atau cashflow yang baik, sehingga membuat pengelolaan keuangan UMKM tersebut tertata dengan baik.

Kegiatan ini adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diselenggarakan secara berkelanjutan. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat bermanfaat lagi dalam mengembangkan Usaha dari UMKM Artie Tasty.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply