Sosialisasi Pentingnya Penerapan Budaya 6S Pada SMK Sasmita Jaya 2 Oleh PKM Teknik Industri, UNPAM

TangselMedia-Teknik Industri Universitas Pamulang telah melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tanggal 2 Juni 2022. Tim PKM yang terdiri dari dari Andry Septyanto, ST.,MM., Syahreen Nurmutia, ST.,MT. dan Wahyu, ST.,MM. merupakan dosen dan mahasiswa Desi Riska Yanti, Deajeng Restu Ibu, Anisa Arsila Nazwa, Asep Ahmad Nurul Jaman dan Dio Fiqi Rahmatullah. Dalam PKM ini, kami melaksanakan kegiatan pengabdian dengan judul “Sosialisasi Pentingnya Penerapan Budaya 6S Seiri, Seiton, Seiketsu, Shitsuke & Safety Di Tempat Kerja SMK Sasmita Jaya Kecamatan Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.” Ibu Siti Zubaidah, S.Pd.,S.E.,M.Pd.I. selaku Kepala SMK Sasmita Jaya Kecamatan Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Telah memberi kesempatan Universitas Pamulang untuk melakukan PKM di sekolah tersebut untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menerapkan 6S pada lingkungan kerja.

Dalam lingkungan kerja sangat diperlukan kesadaran akan pentingnya keselamatan dan kenyamanan kerja. Sehingga pengimplementasian metode 6S pada lingkungan kerja itu sangatlah penting. Oleh karena itu, kami mensosialisasikan pentingnya penerapan 6S di tempat kerja pada kegiatan PKM kali ini. 6S adalah pengembangan dari metode 5S yang merupakan sebuah pendekatan yang mengatur lingkungan kerja agar tercipta lingkungan kerja yang efektif, efisien dan produktif. 6S merupakan budaya kerja yang berasal dari Jepang, terdiri dari : seiri (Ringkas), seiton (Rapih), seiso (Resik), seiketsu (Rawat), shitsuke (Rajin), dan safety (Selamat). Sehingga dapat disimpulkan 6S = 5S + 1S.

Baca Juga  Mahasiswa Unpam Gelar Kegiatan PKM Bertajuk Penegakan Hukum Terhadap Kenakalan Remaja

Dengan kegiatan PKM ini, diharapkan dapat memotivasi siswa-siswa SMK Sasmita Jaya untuk terus memperhatikan keselamatan dan kenyamanan di tempat kerja agar tercipta suasana kerja yang nyaman dan aman. Terima kasih kepada Ibu Rini Alfatitah, ST.,MT.,CMA. selaku  Kepala Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang, Bapak Dr. Ali Maddinsyah, SE.,MM. selaku Ketua LPPM Universitas Pamulang, Ibu Siti Zubaidah, S.Pd.,S.E.,M.Pd.I. selaku Kepala SMK Sasmita Jaya dan Para siswa yang telah mendukung kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply