ZIS Masjid Arrahmah Rempoa Bangun Lumbung Beras Untuk Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Foto: ZIS Masjid Arrahmah Rempoa

Tangselmedia- Banyak cara diupayakan warga agar tetap bertahan hidup dalam situasi krisis seperti sekarang saat pandemi Covid-19. ZIS Masjid Arrahmah kelurahan Rempoa Ciputat Timur, Tangsel, memilih membangun sistem ketahanan pangan secara mandiri dengan membuat lumbung beras untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Beberapa hari terakhir, terutama sejak sejumlah orang di kecamatan Ciputat Timur diketahui kasus positif terinfeksi Covid-19, warga betul-betul membatasi diri keluar rumah. Tak pelak, aktivitas yang terbatas membuat perekonomian ikut terpuruk, termasuk yang dialami 250 keluarga di sekitar masjid Arrahmah yang penghasilannya harian.

Kepada tangselmedia.com, Senin (13/4/2020) Miftahul Ulum ketua ZIS Masjid Arrahmah mengatakan lumbung pangan dimaksudkan sebagai jaring pengaman sosial terutama bagi mereka yang kurang mampu dan harus mengisolasi diri secara mandiri.

Baca Juga  DPMP3AKB Kota Tangsel Selenggarakan Acara Sosialisasi PATBM Tahun 2017

“Kami dapat donatur berupa box untuk penyaluran beras yang akan diisi setiap minggu, lalu yang mau ambil beras menakar sendiri timbangannya sebesar lima liter” tuturnya.

Selain itu, ZIS Masjid Arrahmah juga mendistribusikannya dengan mengantar kerumah rumah, rencananya dalam waktu dekat ini menurut Miftahul ada 50an warga yang akan mendapatkan paket kebutuhan beras.

“Beras dikumpulkan untuk didistribusikan kepada yang paling berhak dan membutuhkan. Di Masjid ini warga dhuafa diberi bahan kebutuhan pokok seperti beras dan mi instan, dari dana Zakat. Bahan pokok tersebut lantas disumbangkan untuk warga yang kurang mampu, para pekerja yang dirumahkan, juga pada pedagang yang omzetnya turun drastis. Bahan pangan ini lantas dikemas dan diberikan kepada warga. Paket yang kami distribusikan menjelang Ramadan ini cukup untuk sepekan,”tukasnya. (ABD)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply