Berkreasi Dan Berkarya Bersama Tangsel Art Movement

Komunitas

TangselArtmovementTangselMedia.com – Bagi para pecinta seni, melakukan hal-hal yang atraktif dan terkesan aneh merupakan sesuatu yang tidak butuh pertimbangan lagi. Mereka rela untuk melakukan apapun asal jiwa seni yang ada didalam dirinya tersampaikan. Untuk menjelaskannya? Sebuah seni tidak bisa dijelaskan apalagi harus dinilai, yang pasti seni merupakan sebuah keindahan yang menurut para pecintanya harus diperlihatkan, terlebih lagi hal tersebut untuk momitivasi orang lain dalam hal positif.

Dewasa ini, sudah banyak para penggiat seni yang semakin atraktif. Tak ayal jika sekarang sudah banyak komunitas-komunitas seni yang memiliki andil besar dalam perkrmbangan sebuah daerah, termasuk Tangerang Selatan. Salah satu komunitas seni di Tangsel adalah Tangsel Art Movement. Yaitu komunitas yang beranggotakan para pecinta seni dan kreativitas di Tangerang Selatan. Komunitas ini terbentuk pada bulan Februari tahun 2010, dan beranggotakan orang-orang kreatif serta seniman dari berbagai aliran dan dengan tujuan yang sama tentunya.

Diawali dengan pertemuan para pencinta seni di Ruang Rupa Jakarta, kemudian berlanjut ke Tangerang Selatan. Dimana mereka kemudian merencanakan untuk membuat sebuah wadah yang lebih besar di daerah mereka sendiri.

Kecintaan mereka kepada seni dan kreativitaslah yang menggerakkan mereka untuk membuat sebuah komunitas. Awalnya, komunitas ini bernama BSD Art Movement yang beranggotakan anak-anak muda sekitar BSD saja, namun kemudian komunitas ini berubah nama menjadi Tangsel Art Movement, tujuannya agar yang bergabung di komunitas ini semakin banyak mencakup seluruh wilayah Kota Tangerang Selatan. Karena perkumpulan ini tidak memiliki sistem kepengurusan, jadi lebih bisa disebut dengan sebuah pergerakan pemuda Tangsel.

Tujuan dari dibentuknya perkumpulan ini adalah berkreasi dan berkarya dalam lingkup seni dan industry kreatif yang menjadi wadah bagi para pemuda dengan minat di bidang seni untuk bersama sama berkreasi dengan tujuan positif.

Anggota-anggota yang mereka dapatkanpun diperoleh dari pertunjukan-pertunjukan di berbagai pergelaran seni. Bagi mereka yang berminat dan tertarik bisa langsung bergabung. Saat ini lebih dari 30 komunitas anak muda telah bergabung dengan Tangsel Art Movement.

Mereka percaya bahwa sebuah kota akan menjadi besar jika aktivitas kesenian yang ada di sana berjalan dengan lancar dan baik. Hal itulah yang kemudian mendorong para anggota Tangsel Art Movement untuk terus berkreativitas dan mengembangkan seni serta budaya khususnya yang ada di Tangerang Selatan.

Tangsel Art Movement sendiri sebenarnya selalu melakukan kegiatan di berbagai tempat. Ruang terbuka merupakan tempat yang mereka sukai untuk melakukan pertunjukan.

Ada banyak aliran seni yang bergabung di komunitas ini seperti teater, breakdance, band dan segala jenis seni. Yang kemudian berlanjut ke berbagai pegelaran seni dan kreatifitas tanpa batas di berbagai tempat.

Satu hal yang sangat membanggakan adalah, mereka tidak pernah absen mengikuti pagelaran dan berbagai acara seni. Terutama di perayaan-perayaan hari istimewa Negara misalnya seperti Hari Anak Nasional. Pada Hari Anak Nasional sebelumnya mereka mengadakan pertunjukan seni yang bertema “Beranda Kota”. Pegelaran seni tersebut berlangsung selama seminggu di Amphitheater Teras Kota BSD. Pada pertunjukan seni tersebut dihadirkan sejumlah atraksi seni dan budaya, dan diisi juga oleh komunitas komik.

Perkembangan komunitas ini mulai berkembang ini ditandai dengan terbentuknya Majalah Movement dan Radio Movement.

Tangsel Art Movement yang terdiri dari berbagai pencinta seni dan orang-orang kreatif seperti para pencinta yoyo, fixie sepeda dan lain-lain.

Tidak hanya melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pertunjukan seni saja, akan tetapi mereka juga melakukan kegiatan-kegiatan seperti bakti sosial. Misalnya dengan menyumbangkan buku-buku layak pakai untuk anak-anak yang kurang mampu, yang kemudian disalurkan kepada beberapa panti asuhan dan perpustakaan di Tangerang Selatan.

Beberapa kegiatan dan pertunjukan yang telah digelar dan diikuti oleh Tangsel Art Movement diantaranya adalah. Aksi freezing atau membeku yang ditampilkan di teras kota dimana aksi tersebut menampilkan seluruh anggota yang diam membeku dan menjadi tontonan menarik para pengunjung di teras kota.

Pada Sea Games sebelumnya komunitas ini diminta oleh Kementerian Pemuda Dan Olahraga untuk mengisi pembukaan Sea Games di Jakarta. Saat itu lokasinya ada di Bundaran HI.

Jika anda tertarik pada komunitas ini anda dapat mengunjungi dan bergabung bersama mereka di pertunjukan-pertunjukan yang mereka lakukan atau sekedar mengintip sosmed mereka di twitter @tangselartmove serta membaca website resmi mereka di http://tangselcreative.com.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.