Situ Bungur Tangsel Kembali Berpesta

lomba-dayung

TangselMedia.com – Masyarakat Kota Tangerang Selatan patut gembira. Pasalnya, hajatan besar berupa Pesta Rakyat Situ Bungur akan kembali digelar akhir Oktober mendatang, tepatnya tanggal 24 – 25 Oktober 2015.

Pesta Rakyat Situ Bungur 2015 merupakan hajatan tahunan yang digelar oleh para pemuda yang tergabung dalam ‘Forum Silaturrahmi Under Child’ yang selama ini peduli terhadap kelestarian ekosistem di sekitar lingkungan Situ Bungur.

Sebelumnya, Forum Silaturrahmi Under Child menggelar Pesta Rakyat Situ Bungur 2013 pada tanggal 15 – 16 Juni 2013 dan Pesta Rakyat Situ Bungur 2014 pada tanggal 25 – 26 Oktober 2014, yang diikuti dengan Festival Palang Pintu se-Tangerang Selatan 2014 dalam rangka memperingati HUT Kota Tangerang Selatan ke-6 pada tanggal 15 November 2015.

Ketua Panitia Pesta Rakyat Situ Bungur 2015, Muthohar Adjky Al Istikhory menjelaskan, Pesta Rakyat ini kembali digelar untuk mengajak masyarakat agar ikut serta menjaga ekosistem Situ Bungur.

“Menjaga kelestarian lingkungan hidup bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Masyarakat sebagai pihak yang langsung bersinggungan dengan lingkungan hidup di sekitarnya juga dituntut untuk berinisiatif dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup,” pesan Aski.

Selain itu, acara ini juga dimaksudkan untuk mengangkat potensi ekowisata Situ Bungur yang hingga saat ini belum dioptimalkan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Tangerang Selatan tengah mengusulkan rencana pengelolaan situ berbasis ekowisata kepada pemerintah pusat. “Semoga upaya kami menyelenggarakan Pesta Rakyat Situ Bungur 2015 ini menjadi salah satu contoh pengelolaan situ berbasis ekowisata di Tangsel yang menjadikan masyarakat setempat sebagai aktor utamanya, bukan lagi sebagai penonton,” tandas Aski.

Situ Bungur merupakan salah satu situ dari 9 situ yang terdapat pada wilayah administrasi Kota Tangerang Selatan. Terletak di Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Situ Bungur memiliki luas 3,2 hektar dengan 42 inlet (5 parit dan 37 saluran pembuangan limbah domestik) dan hanya memiliki 1 outlet. Hal ini disebabkan letak Situ Bungur yang berada di tengah-tengah pemukiman warga. (rdks)

Ketua Panitia Pesta Rakyat Situ Bungur 2015
Telepon: +6289630449821

Rojali

Koordinator Forum Silaturrahmi Under Child

Telepon: +6281281043480

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply