Tumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Upaya Mengurangi Pengangguran

running businessmanTangselMedia.com – Semakin meningkatnya angka pengangguran, semustinya perlu solusi yang tepat dan cepat untuk mengatasinya. Salah satu solusi yang bisa mengatasi pengangguran, yakni dengan berwirausaha atau entrepreneurship. Hal tersebut disampaikan langsug oleh Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah beberapa waktu lalu.

Menurut Arief, virus semangat entrepreneurship perlu disebar dan dilakukan oleh masyarakat Kota Tangerang, khususnya generasi muda. Sehingga jumlah angka pengangguran bisa ditekan bahkan berkurang di kota yang memiliki 13 kecamtan ini.

Diharapakan di masa yang akan datang, program entrepreneurship atau kewirausahaan dapat diimpementasikan dalam kurikulum di sekolah-sekolah. Seperti di sekolah SMA atau SMK akan dirancang desain materi kewirausahaan yang sifatnya lebih aplikatif, dengan diadakan workshop atau seminar-seminar, sambung Arief.

Bila program entrepreneurship betul dijalankan dengan baik, maka dapat meminimalisir angka pengangguran di Kota Tangerang. Bahkan sekaligus mendorong masyarakat agar memiliki daya saing dan kemandirian dalam menghadapai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Arief juga menghimbau kepada para media agar dapat memberikan edukasi yang benar perihal implementasi program kewirausahaan untuk masyarakat. Sehingga dengan info yang benar dan tepat, minat masyarakat untuk berwirausaha semakin meningkat. Sebab yang terjadi di lapangan selama ini adalah pola pikir masyarakat yang telah lulus kuliah adalah ingin mencari pekerjaan, bukan menciptakan peluang usaha agar orang disekitar mereka dapat dikaryakan dengan baik.

Selain itu, untuk mengentaskan masalah pengangguran, Arief juga akan mendorong Kota Tangerang sebagai tujuan wisata bisnis.

Arief mengungkapkan bila wisatawan pergi ke suatu tempat wisata tidak hanya yang dilihat pemandangannya, namun juga mencari kuliner atau oleh-oleh khas tempat wisata tersebut. Sehingga, Arief menangkap celah tersebut agar menjadikan Kota Tangerang sebagai kota wisata belanja karena banyak pusat perbelanjaan, atau pun bisa jadikan wisata bisnis karena banyak industri sekaligus juga ditunjang infrastruktur yang baik.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply