Bahan Aktif Pilihan Pada Formulasi Skincare

BAHAN AKTIF PILIHAN PADA FORMULASI SKINCARE

Oleh : Anita*

 

Pada sebagian kalangan khususnya pemula yang ingin memakai Skin Care, perlu mengetahui terlebih dahulu bahan aktif atau kandungan yang terdapat dalam formulasi Skincare, karena biasanya pemula itu masih bingung sebenarnya kandungan Apa sih yang cocok untuk kita?

Nah dengan kita lebih tahu dulu tentang jenis ingredients apa saja yang biasanya ada dalam skincare, Kita jadi tahu sebenarnya apa yang cocok dan dibutuhkan oleh wajah kita, dan tentunya kita bisa memilih bahan yang tepat sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Oleh karena itu, Artikel ini akan membahas mengenai 10 kandungan yang penting banget diketahui oleh pemula yang ingin memakai skincare, dan mungkin sebagian kalian sudah familiar.

Langsung saja, inilah dia 10 Bahan Aktif pada skincare  :

  1. Salicylic Acid

Salicylic Acid adalah BHA atau Beta Hidroksi Acid kandungan ini dikenal ampuh banget untuk mengatasi jerawat. Jadi salicylic acid bisa membersihkan pori-pori secara maksimal dan ia juga bisa menekan produksi minyak secara berlebih.

Salicylic acid juga memiliki efek anti-inflamasi yang sangat berguna untuk menenangkan jerawat yang meradang, cocok banget untuk kalian yang punya kulit berminyak, berkomedo dan berjerawat. Tapi terkadang yang punya kulit kering dehidrasi dan sensitif ini pun juga merasakan efek anti inflamasinya dari kandungan BH ini.

  1. AHA, BHA dan PHA

Nah berikutnya adalah kandungan-kandungan yang paling sering didengar yaitu AHA BHA dan PHA, sebetulnya apa perbedaan dari ketiga kandungan tersebut?  dan cocoknya buat kulit apa aja sih?

AHA, BHA dan PHA adalah senyawa asam yang bekerja sebagai chemical exfoliator dan membantu pengangkatan sel-sel kulit mati dan juga membersihkan pori-pori sehingga hasilnya adalah tekstur kulit yang lebih halus dan juga warna kulit yang lebih merata.

a. AHA atau Alpha Hidroksi Aset adalah kandungan yang ada pada lapisan terluar kulit. kandungan ini juga larut dalam air sehingga ia tidak bisa menembus minyak yang ada di dalam pori-pori, tapi ia bisa menembus cukup dalam sehingga membantu pelepasan sel-sel kulit mati dan juga masih efektif dalam membantu eksfoliasi kulit harian.

Contoh AHA adalah Glycolic Acid, Lactic Acid dan Mandelic Acid.

Kandungan tersebut cocok untuk kulit kering dan dehidrasi maupun kusam.

b. Mengenai BHA, kandungan ini larut dalam minyak sehingga ia bisa membersihkan pori-pori yang berminyak sekalipun. Kandungan ini bisa masuk ke dalam Lapisan kulit yang dalam.

Contoh BHA adalah Salicylic Acid dan Betaine Salicylate

Kandungan tersebut cocok untuk kalian yang mempunyai kulit berminyak, kombinasi berkomedo atau berjerawat.

c. Selanjutnya PHA dimana ukuran molekulnya adalah paling besar jika kita bandingkan dengan AHA dan BHA sehingga ia tidak bisa penetrasi kedalam kulit terlalu dalam, Oleh karena itu PHA memiliki eksfoliasi yang paling lembut sehingga cocok sekali untuk kalian yang memiliki kulit kering dan sensitif.

  1. Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid atau HA adalah senyawa alami yang sebenarnya dimiliki oleh kulit kita tapi dengan bertambahnya usia hal ini semakin berkurang oleh karena itu menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, garis halus, kulit yang kendur dan juga tidak kencang lagi. Selain mampu mengikat air 1000 kali dari beratnya, Hyaluronic Acid juga dapat memberikan lapisan pada kulit sehingga ia menahan penguapan hidrasi dan juga melindungi lapisan luar kulit.

  1. Niacinamide

Niacinamide adalah nama lain dari vitamin B3, kandungan ini adalah kandungan anti-aging yang bagus untuk mencerahkan dan meratakan Rona kulit karena ia menghambat produksi melanin. Niacinamide pun ampuh untuk meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi garis halus dan juga mengurangi hiperpigmentasi, bagus untuk kulit kering ataupun kulit berminyak, karena Ingredients ini termasuk Amart Ingredients. Pada kulit kering, Penggunaan Niacinamide pada Skincare dapat memperkuat lipid barrier sehingga mengurangi terjadinya Transepidermal Water Loss atau disebut TEWL, yaitu proses Dimana terjadinya penguapan air yang berlebihan dalam kulit sehingga kulit menjadi kering, pada kulit berminyak niacinamide mampu mengendalikan produksi minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebasea. Nah Niacinamide juga mencegah kelenjar tersebut agar tidak bekerja berlebihan.

Niacinamide ini cocok untuk semua jenis kulit terutama untuk kalian yang ingin menghilangkan noda bekas jerawat dan juga meratakan rona wajah.

  1. Centella-asiatica

Centella-asiatica adalah salah satu jenis tanaman yang kaya akan antioksidan seperti flavonoid dan juga fenolik acid. Antioksidan dapat mengurangi peradangan dan juga mencegah kerusakan sel kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Kandungan ini juga mengandung terpenoid yang mampu mempercepat penyembuhan luka. Oleh karena itu kandungan ini bisa banget dipakai di luka bakar karena zat aktifnya membantu produksi kolagen dan juga pembentukan sel kulit baru.

Baca Juga  Analisa Kebutuhan Training

Nah salah satu Alasannya kenapa banyak yang suka banget sama kandungan ini adalah karena ia mengandung saponin dimana kandungan ini membantu mempertahankan air dan juga mengurangi penguapan air di dalam dermis atau mungkin kalian lebih sering mendengarnya sebagai Transepidermal Water Loss atau TEWL. Selain itu saponin juga membantu mengatasi iritasi kulit dengan cara menghambat sel-sel kulit yang menyebabkan peradangan. Centella asiatica cocok untuk semua jenis kulit terutama untuk yang memiliki masalah sensitifitas pada kulit dan juga jerawat meradang.

  1. Snail Mucin

Snail Mucin atau dikenal juga sebagai Snail Filtrate, seperti namanya kandungan ini berasal dari siput atau lebih tepatnya diambil dari lendir siput. Kandungan Ini mengandung allantoin yang membantu hidrasi kulit dan juga penyembuhan luka.

Selain itu ada juga Glycolic Acid, salah satu kandungan AHA atau Alpha Hidroksi Acid yang membantu eksfoliasi kulit harian, dan juga ada Hyaluronic Acid dikenal sebagai kandungan yang melembabkan kulit.

Snail Mucin ini cocok buat semua jenis kulit terutama untuk kalian yang ingin mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh penuaan dini juga untuk kalian yang memiliki kulit kering dan memiliki luka pada kulit.

  1. Tea Tree

Tea Tree ini adalah kandungan yang berasal dari tumbuhan alami bernama melaleuca alternifolia. kandungan ini dipercaya memiliki khasiat anti bakteri, anti inflamasi, anti-fungi dan anti-viral. Nah oleh karena itu jika kalian memiliki kulit berjerawat dan juga sering Breakout, Ingredient ini dapat menjadi pilihan yang tepat karena ia dapat mengurangi kandungan bakteri pada jerawat dan juga mengurangi peradangan pada jerawat. Tea Tree Oil juga memiliki kandungan yang sama efektifnya seperti benzoyl peroxide yang biasanya digunakan untuk Acne treatment, Oleh karena itu kandungan ini bagus sekali digunakan untuk acne treatment. Terkadang pada beberapa jenis kulit Tea Tree dapat menyebabkan efek samping seperti kemerahan atau kulit mengelupas tapi kalian bisa mengatasinya dengan memberikan kelembaban ekstra. nah kandungan Tea Tree ini cocok sekali buat kalian yang memiliki jenis kulit berminyak, kombinasi atau memiliki permasalahan seperti jerawat atau komedo.

  1. Propolis

Propolis adalah kandungan yang menyerupai Resin atau getah. Kandungan tersebut dibuat oleh lebah dengan cara mengambil ekstrak pohon dan diseleksi untuk mengisi celah pada sarangnya. Bahan alami tersebut memiliki efek anti-bakteri, anti-viral dan anti-fungi sehingga cocok sekali buat kalian yang memiliki masalah kulit berjerawat. Propolis juga dapat melembutkan kulit, melembabkan kulit, mengurangi hiperpigmentasi dan juga melindungi kulit dari radikal bebas yang disebabkan oleh radiasi sinar UV.

Baik propolis maupun Tea Tree sebenarnya cocok sekali untuk kalian yang memiliki masalah jerawat, Hanya saja karena teksturnya yang menyerupai getah sehingga ia lebih terasa melembabkan pada kulit. Propolis ini cocok sekali untuk semua jenis kulit terutama untuk Kalian yang memiliki kulit kusam kering dan juga rentan terhadap jerawat.

  1. Panthenol

Panthenol termasuk sebagai kandungan vitamin B5. Apa sih sebenarnya manfaat panthenol? Panthenol ini dapat meningkatkan hidrasi, melembabkan kulit, menjaga elastisitas kulit dan juga mengurangi iritasi dan kemerahan, Sehingga Cocok sekali untuk kulit eksim. Kandungan panthenol ini cocok banget buat semua jenis kulit terutama kalian yang memiliki kulit sensitif dan iritasi.

  1. Ceramide

Ceramide ini adalah lipid atau lemak yang secara alami dihasilkan oleh kulit. Pada kulit sendiri terdapat Ceramide yang punya fungsi penting untuk melindungi kulit. Nah karena faktor usia dan paparan sinar matahari maka kuantitas dan kualitas Ceramide ini bisa berkurang. Saat Ceramide berkurang maka skin barrier dapat rusak sehingga menyebabkan kulit yang kering, dehidrasi, kasar, berkerut dan iritasi. Ceramide termasuk kandungan emolien, Penggunaan Ceramide pada Skin Care akan menjaga kadar Ceramide pada kulit sehingga kulit kalian akan tetap terjaga kelembabannya, terhidrasi, kenyal dan juga kencang. Selain itu Ceramide juga menjaganya dari bakteri dan juga ancaman lainnya terhadap kulit karena ini juga membantu mengendalikan efek-efek negatif yang ditimbulkan oleh penuaan dini seperti garis halus dan kerutan, terlebih lagi Ceramide ini cocok untuk semua jenis kulit.

Nah itulah dia 10 ingredients yang dapat kalian pilih dan temukan di produk Skincare, Supaya tidak bingung lagi memilih Skin Care atau Ingredients yang sesuai dengan kebutuhan kulit kalian.***

*Penulis adalah Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Pamulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *