Mahasiswa Teknik Industri Unpam Sosialisasikan Pembuatan Sabun Cuci Tangan di Desa Cikopomayak, Bogor

TangselMedia – Pada tanggal 12 sampai dengan 14 November 2023 Mahasiswa Fakultas Teknik Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang, telah melaksanakan kegiatan pegabdian kepada masyarakat  (PKM) yang bertempat di Desa Cikopomayak Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKM ini yaitu Adhitama Rian Hidayat, Caesar Pratama Junaedi, Doni Riantus Nanis, Imam Mahfud dan Mochammad Ridwan.

Tujuan dilakukannya pelatihan pembuatan sabun cuci tangan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat di Desa Cikopomayak tentang bagaimana cara memproduksi sabun cuci tangan secara mandiri. Pelatihan ini dimulai dari penjelaskan mengenai latar belakang pentingnya mencuci tangan dan menjaga kebersihan.

Munculnya pandemic covid-19 membuat semua masyarakat semakin peduli akan pentingnya menjaga kebersihan terutama mencuci tangan. Tidak hanya dibilas dengan air, mencuci tangan memerlukan sabun sebagai anti bakteri. Oleh karena itu, kami berusaha memberikan pengarahan kepada masyarakat bahwa setiap orang dapat membuat sabun cuci tangan secara mandiri dengan tujuan mengurangi biaya pembelian sabun cuci tangan dan bisa juga dijadikan sebuah bisnis.

Pelatihan pembuatan sabun cuci tangan mencakup beberapa point yaitu:

  1. Memberikan penjelasan mengenai alat dan bahan yang digunakan untuk pembuatan sabun cuci tangan.
  2. Alat meliputi bejana dengan kapasitas 20 liter, bejana dengan kapasitas 1 liter, gelas ukur 1/5 liter, dan alat untuk mengaduk.
  3. Bahan meliputi pewarna, parfum, alcohol, gliserin, dan air garam. Pewarna memiliki fungi untuk memberikan warna yang menarik pada sabun cuci tangan. Parfum memiliki fungsi untuk menambahkan aroma yang menarik pada sabun cuci tangan. Alkohol memiliki fungsi sebagai agen antimikroba yang efektif membunuh kuman dan virus pada tangan. Gliserin memiliki fungsi untuk meningkatkan kehalusan dan kelembutan tangan. Air garam memiliki fungsi untuk memberikan sifat yang lebih kental dan menghasilkan busa pada sabun cuci tangan.
  4. Menjelaskan langkah-langkah dalam pembuatan sabun cuci tangan
  5. Langkah-langkah tersebut yaitu: 1) Masukkan gliserin ke dalam wadah. 2) Campurkan pewarna, parfum, dan alcohol kemudian aduk secara merata. 3) Tambahkan air 1500 ml kedalam wadah secara perlahan kemudian aduk secara merata. 4) Campurkan air garam dan aduk sampai larutan tercampur merata.
Baca Juga  Meningkatkan Daya Jual UMKM Melalui Peningkatan Kualitas Kemasan di Kelurahan Cipondoh Makmur

Keberhasilan kegiatan penyuluhan dipengaruhi oleh cara penyampaian pesan sehingga mudah dipahami oleh masyarakat, Kegiatan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Sebagai Alternatif Produk Kebersihan Untuk Semua Kalangan Desa Cikopomayak, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor dapat dikatakan berhasil yang berarti bahwa terjadi perubahan terhadap tingkat pengetahuan responden sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan mengenai pembuatan sabun cuci tangan.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung proses penelitian dan pengabdian ini, khususnya pihak Kepala Desa Cikopomayak yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melakukan kegiatan dalam proses ini yang memberikan dorongan dan semangat.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *