Bantuan Sebesar Rp1 Miliar Telah Disalurkan Baznas Kota Depok

Bantuan Sebesar Rp1 Miliar Telah Disalurkan Baznas Depok

Warga berdiri di depan salah satu bangunan hunian sementara (huntara) bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (27/11/2018). Baznas mendirikan puluhan unit huntara bagi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu yang bertujuan untuk membantu mahasiswa yang kehilangan tempat tinggal akibat bencana gempa, tsunami dan likuifaksi yang terjadi pada 28 September 2018. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/wsj.


TangselMedia – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok, Jawa Barat menyalurkan bantuan Rp1 miliar kepada berbagai pihak yang membutuhkannya. “Mudah-mudahan pengumpulan zakat ke depannya bisa lebih ditingkatkan, agar penyalurannya bisa lebih menjangkau warga prasejahtera secara luas,” ujar Ketua Baznas Kota Depok, Encep, usai kegiatan Gebyar Pemberdayaan Baznas Kota Depok, Kamis.

Dikatakannya, sinergi Baznas Kota Depok dengan berbagai pihak terus ditingkatkan, sebagai upaya optimalisasi pengumpulan zakat, mewujudkan komitmen bersama dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Depok. Encep mengatakan bahwa capaian pengumpulan zakat mengalami peningkatan hingga 60 persen pada 2018. Tercatat pada 2017 capaian zakat sebesar Rp1,8 Miliar, sedangkan pada 2018 zakat yang terkumpul mencapai Rp3 Miliar.

Baca Juga  Kelurahan Pakualam Pindah Kantor

“Alhamdulillah capaian zakat tahun ini (2018) meningkat hingga 60 persen,” ujarnya. Dengan perolehan tersebut, lanjutnya, pihaknya optimistis capaian di tahun 2019 bisa lebih meningkat, mengingat, aparatur sipil negara (ASN) merupakan penyumbang zakat terbesar di Baznas Kota Depok. ASN Depok, katanya, menjadi penyumbang zakat terbesar, nilainya mencapai Rp1,5 Miliar. Angka ini tercapai karena sinergi antara Pemkot Depok dan Baznas Kota Depok yang terus terjalin.

“Tahun depan (2019) target kami adalah Rp13 Miliar. Kami optimistis tercapai,” tegasnya. Menurutnya, pencapaian zakat yang dikelola Baznas Depok pada 2018 cukup luar biasa. Kedepan Baznas Kota Depok akan ekspansi ke perusahaan di Depok, sehingga zakat bisa disalurkan kepada yang membutuhkan. Zakat yang didapat dari ASN merupakan zakat profesi. “Ke depan kami akan menjangkau ke perusahaan swasta agar nilainya terus meningkat,” katanya.

Sementara itu Asisten Hukum dan Sosial Kota Depok, Sri Utomo mengaku telah menginstruksikan ASN agar menyerahkan zakat ke lembaga yang terpercaya seperti Baznas. “Sudah kami upayakan dan imbau kepada ASN agar menyerahkan zakat ke Baznas. Pendistribusian diharapkan fokus ke warga Depok untuk melindungi fakir miskin agar berdaya guna,” ujarnya.

Tags:

Related Posts

Leave a Reply