Program Studi Teknik Industri Gelar Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Softener Pelembut Pakaian Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga

TangselMedia-Dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, dosen dan mahasiswa program studi Teknik Industri melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Penyuluhan dan pelatihan pembuatan softerner pelembut pakaian untuk meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Pasir Ampo Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang.” Di Desa Pasir Ampo  merupakan tempat untuk melaksanakan kegiatan ini, walaupun dalam kondisi pandemic covid-19 sehingga kegiatan tersebut menerapkan protokol Kesehatan dengan ketat.

Sambutan ketua Karang Taruna Kecamatan Kresek Kab, Tangerang

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Kepada Desa Pasir Ampo yang diwakili oleh Sekretasi Desa Pasir Ampo yang dilanjutkan sambuatan dari Sekretaris Karang taruna kecamatan Kresek, dalam pesan singkatnya sekretaris Karang taruna Kecamatan Kresek berpesan agar kegiatan ini bisa berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya para pemuda di Desa pasir Ampo ini. Pemuda yang merupakan bonus demografi akan menjadi asset berharga apabila memiliki kualitas yang tinggi sehingga bisa bersaing didunia kerja yang mengglobal saat ini.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini merupakan penghubung antara masyarakat dengan perguruan tinggi. Mungkin masyarakat hanya mengetahui bahwa di perguruan tinggi hanya melaksanakan tugas belajar mengajar saja, tanpa berkontribusi langsung dengan masyarakat, harapannya dengan kegiatan ini memberi pengaruh positif dan aktif terhadap pengembangan masyarakat, sehingga memberi warna baru dalam pembangunan masyarakat secara positif, saling bersinergi dan berkelanjutan.

Ibu Estiningsih HP, S.T., M.T sedang memaparan Materi PKM

Setelah itu, masuk ke inti acara, pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber, isi dari pemaparan tersebut meliputi bahan-bahan yang akan digunakan serta cara pembuatan softerner pelembut pakaian. Harapannya dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat dan mengajarkan kepada ibu-ibu PKK dan para pemuda yang tergabung didalam karang taruna untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan terutama aspek kepribadian, manajerial, kreatif dan inovatif. Dengan pembuatan softerner pelembut pakaian.  tim pengabdian kepada masyarakat ingin menunjukkan kepada para mahasiswa, Anggota karang Taruna dan ibu-ibu PKK bahwa tiga aspek penting dalam kewirausahaan dapat dimulai dari hal yang sederhana.

Baca Juga  Mahasiswa Teknik Industri Unpam Lakukan Pelatihan Pembuatan Produk Hand Soap di Desa Pasir Ampo

Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh mahasiswa, Anggota Karang Taruna dan ibu-ibu PKK serta warga Masyrakat lainnya di Desa Pasir Ampo Kec. Kresek Kab. Tangerang. Mereka para peserta kegitan PKM ini terjun langsung mempraktekan pembuatan softerner pelembut pakaian . Yang langsung dibimbing oleh Tim PKM yang di komandani Oleh Ibu Rully Nur Dewanti, S.T.,M.M. Harapannya dengan mempraktekan langsung tersebut para peserta khususnya Anggota Karang Taruna dan Anggota PKK di lingkungan Desa Pasir Ampo bisa lebih mudah menyerap ilmu dan keterampilan dalam pembuatan softerner pelembut pakaian.

Bapak Junaedi S.T., M.M sedang menyerahkan Piagam Kepada Ketua Karang Taruna Desa Pasir Ampo

Di penghujung acara Tim pengabdian kepada masyarakat memberikan sertifikat serta bahan-bahan serta peralatan yang digunakan untuk mempraktekan pembuatan softerner pelembut pakaian.

Kegiatan PKM ini diharapkan dapat membantu dan mengedukasi banyak orang khususnya warga masyarakat di Desa Pasir Ampo Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang. Selain dapat ilmu baru diharapkan pula dapat membantu warga masyarakat untuk menciptakan peluang usaha baru yaitu membuat sabun cuci piring secara mandiri.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply