Dosen Teknik Industri UNPAM Lakukan Pengembangan Kewirausahaan Melalui Pelatihan Teknik Dasar Pengelasan Pagar Minimalis Di Desa Lengkong Kulon

TangselMedia-Melihat potensi wilayah desa lengkong kulon yang dekat dengan pusat pengembangan pemukiman di wilayah Kota Tangerang Selatan, tiga dosen Teknik Industri, Universitas Pamulang, yang tergabung dalam Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), meresponnya dengan mengadakan pelatihan pengelasan untuk Karang Taruna Desa Lengkon Kulon. Program pelatihan yang dilaksanakan 5-6 Desember 2020 di Kantor Kepala Desa Lengkong Kulon ditujukan untuk mendorong semangat dan memberi bekal ketrampilan dasar pengelasan agar tumbuh wirausaha muda yang inovatif, kreatif dan mampu menangkap peluang usaha yang dapat meningkatkan taraf hidup bagi diri sendiri dan lingkungannya.

Program PKM dalam betuk Pelatihan tersebut dilaksanakan melalui Program Kemitraan Masyarakat dengan Pemerintah Desa Lengkong Kulon yang menyasar para pemuda Karang Tarunanya. PKM yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan COVID 19 dibuka oleh Ketua Karang Taruna Bapak Najib, serta sambutan ketua tim PKM oleh Marjuki Zulziar, diikuti oleh 6 anggota karang taruna yang mayoritas pekerja sektor informal yang berminat mulai berwirausaha. Pelatihan dimulai dengan pemaparan materi bagaimana memulai berwirausaha dengan menangkap potesi pasar di lingkungan sekitar oleh Marjuki Zulziar, M.Si. Materi dasar-dasar pengelasan dan sambungan logam dengan las listrik disampaikan oleh Iip Muhlisin M.T. dan dilengkapi dengan Materi Keamanan dan keselamatan Kerja serta alat pelidung diri dalam pengelasan oleh Priyo Wibowo, M.T.

Baca Juga  Terdampak Parah Saat Banjir Bandang di Bogor, Dosen Unpam Berikan Penyuluhan Reboisasi di Sukmajaya, Bogor

Program pelatihan ditutup dengan praktek pengelasan yang diasisteni oleh beberapa Mahasiwa Teknik Industri Universitas Pamulang. Praktek dimulai dengan praktek penyiapan alat dan bahan yang dilanjutkan dengan teknik preparasi bahan baik pemotongan dan pembersihan permukaan logam hingga penyambungan berbagai bentuk logam dengan beberapa teknik pengelasan dengan las listrik.

“Praktek pengelasan difokuskan pada dasar-dasar pengelasan pagar mengingat pertumbuhan pembangunan perumahan dan pemukiman disekitar desa lengkon kulon. Diharapkan potensi bisnis pengelasan yang muncul dari pembangunan perumahan disekitar desa lengkon kulon dapat ditangkap dimanfaatkan anggota Karang Taruna berbekal program pelatihan ini”, ungkap Marjuki. ***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply