Dosen Prodi Teknik Industri Ajarkan Pembuatan Fenugreek Tea Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Di Pamulang Timur

TangselMedia-Senin 14 Desember  2020, team  PKM dari Prodi Teknik Industri, Universitas Pamulang  yang terdiri dari Andry Septyanto, ST.MM, Syahreen Nurmutia, ST.MT, Wahyu, ST,. MM, merupakan dosen dan mahasiswa  Ayu Puspita Sari, Nur Rohmawati, Rahmi Widia Pratiwi, bersama warga Pamulang Timur khususnya ibu-ibu Majelis Taklim yang di pimpin oleh Ibu Nur Kholilah S,Hum, dan penanggung jawab Bapak H. Naman Djauhari, telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melakukan PKM yang ternyata dimana tempat tersebut belum pernah ada yang melakukan PKM, seperti kita ketahui pada saat ini Covid 19, belum menghilang dari kehidupan kita sehari-hari, dimana virus dengan mudah menyerang tubuh seseorang. Imun tubuh yang kuat dibutuhkan oleh tubuh agar tidak mudah terkena penyakit, dengan mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu diadakan kegiatan cara pembuatan Fenugreek Tea yang beralamat  Jl. Pinang RT 002/022 Pamulang Timur Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan.

Team PKM Teknik Industri Universitas Pamulang

Fenugrek adalah tanaman herbal yang termasuk ke dalam keluarga Fabaceae. Nama ilmiah dari fenureegreek adalah Trigonella foenum-graecum. Di Indonesia, orang-orang juga menyebut fenugreek dengan istilah kelabat atau klabat. Ada dua bagian penting dari fenugreek, yaitu daun dan biji. Biji fenugreek biasanya dimanfaatkan untuk menambah cita rasa masakan seperti kari. ,biji dan daun fenugreek sama-sama bermanfaat sebagai obat herbal. Tanaman fenugreek berasal dari kawasan Timur Tengah dan Mediterania. Namun, dalam perkembangannya fenugreek juga banyak tumbuh di kawasan Asia Selatan bahkan India yang kini menjadi negara penghasil fenugreek terbesar di dunia.  tanaman herbal yang dapat tersedia dalam bentuk dan dosis sebagai kapsul, herbal mentah, bubuk fenugreek yang telah dihilangkan lemaknya, ekstrak cairan, bubuk (terbuat dari biji yang dikeringkan). terkandung banyak manfaat, ternyata fenugreek juga memiliki efek samping bagi tubuh. Terdapat beberapa efek samping  diantaranya  Reaksi hipersensitif,  memar,  petechiae,  perdarahan. Namun  tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter.

Baca Juga  Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang Adakan Pelatihan Teknik Pembuatan Semir Ban di Jelupang, Tangerang Selatan

Rempah-rempah merupakan bahan yang tidak asing bagi kita untuk ramuan makanan kita sehari hari. Secara umum, senyawa fitokimia ini ada dalam tanaman dan sebagai zat alami dapat memberikan cita rasa, aroma, dan warna khas pada tanaman tersebut.  Rempah-rempah merupakan bahan yang tidak asing bagi kita untuk ramuan makanan kita sehari hari. Secara umum, senyawa fitokimia ini ada dalam tanaman dan sebagai zat alami dapat memberikan cita rasa, aroma, dan warna khas pada tanaman tersebut.  Salah satu khasiat golongan senyawa ini adalah sebagai antioksidan dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas). fenugreek juga mengandung saponin yang kaya manfaat untuk kesehatan. Satu lagi kandungan penting yang ada di dalam fenugreek adalah antioksidan.

Penyerahan Fenugreek Tea Team PKM kepada Pimpinan Majelis Nurul Iman

Teh fenugreek adalah obat tradisional untuk diabetes dan juga digunakan untuk meningkatkan suplai ASI pada wanita menyusui. Saat ini, ia disebut-sebut sebagai suplemen makanan yang dapat membantu meredakan diabetes dan kram menstruasi serta memberikan dukungan laktasi. Karena teh fenugreek memiliki bahan yang sangat kuat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum meminumnya atau suplemen lainnya. Masih banyak kelebihan lainnya dari kelabat tersebut.

Dengan kegiatan PKM ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi masyarakat pamulang  sehingga dapat selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Tim Dosen yang terlibat di PKM juga mengucapkan terima kasihnya kepada Rini Alfatitah. ST.MT.,CMA selaku Kaprodi Teknik Industri, Dr. Ali Maddinsyah, S.E., M.M. selaku Ketua LPPM Universitas Pamulang, Pimpinan Ketua Dewan Keluarga Mesjid Nur Kholilah  S.Hum dan mahasiswa beserta masyarakat Pamulang Timur  yang telah mendukung kegiatan Pengabdian Ke Masyarakat.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply