Dosen Unpam Berikan Pelatihan Daring Microsoft Excel dan Powerpoint di SMAN 10 Tangerang Selatan

TangselMedia — Sumber daya manusia dan pendidikan mempunyai hubungan logis yang tidak dapat dipisahkan, dimana proses pendidikan adalah suatu aktivitas  untuk menciptakan sumber daya manusia yang dapat mengatur jalannya roda kehidupan.  Sumber daya manusia adalah faktor penggerak dalam pelaksanaan kegiatan suatu organisasi atau institusi, sebab sumber daya manusia memiliki kreativitas dan keahlian untuk membuat organisasi atau institusi mencapai tujuannya.

Untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang ahli dan kreatif perlu diberikan tambahan kemampuan lain yang bukan hanya sebatas teori dan mata pelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum, tetapi juga diberikan kemampuan dan keahlian lain untuk bisa menghadapi dunia kerja setelah mereka lulus.

Terkait dengan pemberian tambahan kemampuan (skill) dosen Universitas Pamulang bekerjasama dengan SMAN 10 Tangerang Selatan telah menyelenggarakan program “Pelatihan Daring Microsoft Excel dan Powerpoint”. Program ini merupakan suatu kegiatan dilakukan oleh dosen dan mahasiswa sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Demi terselenggaranya program di tengah mewabahnya Covid-19, di mana sejak pertengahan bulan Maret 2020, pemberian materi pelajaran kepada siswa dilakukan secara daring (online). Pembelajaran secara daring dianggap menjadi solusi kegiatan belajar mengajar tetap jalan di tengah pandemi virus corona. Pembelajaran secara daring merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi.  Model pembelajaran ini merupakan pembelajaran jarak jauh yang menggunakan teknologi komputer dan internet. Dengan teknologi ini memungkinkan sistem pembelajaran untuk mendapatkan materi melalui koneksi internet maupun dari tempat peserta didik tanpa harus melakukan tatap muka dengan pengajar di dalam kelas.

Di tengah pandemi Covid-19 tentu bukanlah hal yang mudah untuk melakukan kegiatan PKM, tetapi hal ini tidak menggoyahkan rencana untuk tetap melaksanakan kegiatan ini.  Untuk pertama kalinya tim PKM yang terdiri dari Veritia (ketua), narasumber : Rahmi Hermawati dan Amthy Suraya, serta host dan moderator yaitu Rima Handayani dan Eni Puji Astuti melakukan kegiatan PKM secara daring. Kegiatan ini juga dibantu oleh dua orang mahasiswa semester empat, yaitu Ridha dan Anggra.

Acara PKM ini dilakukan selama dua hari, dari tanggal 13 Mei 2020 hingga 14 Mei 2020. Kegiatan hari pertama dibuka oleh kepala sekolah SMAN 10 yaitu Bapak Nursalim, S.Pd., SMAN 10 Tangerang Selatan dengan didampingi oleh wali kelasnya masing-masing. Tema dari “Pelatihan Daring Microsoft Excel dan Powerpoint pada siswa SMAN 10 Tangerang Selatan” dengan menggunakan aplikasi zoom meeting.

Pemilihan tema pelatihan ini dilakukan karena kebutuhan dari siswa-siswi yang belum menguasai keterampilan komputer. Padahal sebagaimana yang telah dijelaskan di atas bahwa untuk menciptakan SDM yang berkualitas maka siswa harus diberikan kemampuan sebagai nilai tambah (added value) pada saat memasuki dunia kerja, yaitu siswa mahir menggunakan perangkat komputer dan aplikasi Microsoft Office. Dikarenakan keterbatasan waktu, maka pelatihan yang diberikan hanya penggunaan Microsoft Excel dan Powerpoint.

Baca Juga  SIT AULIYA Siap Sambut Siswa-Siswi Baru TP. 2017-2018

Selama dua hari pelatihan diisi dengan pemberian materi, lalu diikuti sesi tanya jawab. Setelah itu, siswa langsung diberikan latihan dan mengumpulkan tugas latihan baik Excel maupun Powerpoint via email atau whatsapp. Dari hasil pelatihan yang diberikan terlihat antusias siswa dalam mengikuti pelatihan. Mereka banyak bertanya dan mengirimkan tugas yang diberikan dengan hasil yang memuaskan,  sangat bagus dan kreatif.

Hari kedua, 14 Mei 2020. Tim PKM menyampaikan evaluasi hasil tugas siswa siswi sman 10 tangsel, serta memberitahukan siapa pemenang dari hasil tugas terbaik dari para siswa siswi SMAN 10 Tangsel ini. Maka terkumpul beberapa nama, yaitu Audina, Gravalsha, Aini, dan Davito. Merekalah yang berhasil menampilkan tugas Excel dan Powerpoint terbaik.

Setelah itu dilakukan sambutan penutupan kembali oleh Bapak Kepala Sekolah SMAN 10 Tangerang Selatan, Bapak Nursalim, S.Pd. dan dihadiri pula oleh wali kelas. Beliau menyampaikan rasa terima kasihnya karena sekolah mereka terpilih menjadi tempat PKM dosen Universitas Pamulang. Beliau juga sangat senang dengan adanya kegiatan positif seperti ini untuk siswa siswinya. Beliau berharap kedepannya kegiatan pkm ini dapat terus berkelanjutan dan bisa dilakukan secara tatap muka.

Dari pelatihan ini, hikmah yang didapat adalah bahwa dalam situasi apapun jika ada kemauan pasti ada jalan. Ternyata melakukan kegiatam PKM secara daring tetap bisa dijalankan, walaupun ada beberapa kendala, diantaranya keterbatasan waktu dalam penggunaan aplikasi zoom meeting. Namun hal tersebut dapat dimaklumi dan acara PKM dengan siswa-siswi SMAN 10 Tangerang Selatan berjalan dengan baik. Semoga ilmu yang sudah diberikan bermanfaat bagi siswa-siswi SMAN 10 Tangerang Selatan.*** (RH & V)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply