Dosen Unpam Berikan Penyuluhan Kendaraan Bermotor Transmisi Matic di Kampung Suradita RT 01 / RW 01 Cisauk, Tangerang

TangselMedia-Tridharma perguruan tinggi merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh para dosen dalam setiap semester. Untuk memenuhi kewajiban tersebut, pada semester genap 2020-2021 ini tiga kelompok yang terdiri dari beberapa dosen Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Ciasuk yang masih termasuk wilayah Kabupaten Tangerang.

Salah satu kelompok PKM yang diketuai oleh H. Mohamad Nasrun, ST, MT menyampaikan materi PKM dengan mengambil tema, “Penyuluhan Kendaraan Bermotor Transmisi Matic”. PKM dilaksanakan selama sehari, yaitu pada Hari Sabtu, tanggal 03 Juli 2021 sejak pagi pukul 08:00 hingga 15:00 sore.

Bertindak selaku nara sumber dalam PKM adalah H. Mohamad Nasrun, ST, MT dan Andri Lesmana, ST, MT, fasilitator Abdul Choliq, ST, MT, serta anggota Isro Dianto, ST, MT dan Catur Kurniawan, S.Pd, MSi. Pelaksanaan PKM berlokasi di salah satu rumah warga di lingkungan RT.01 RW.01 Desa Suradita Kec. Cisauk Kab. Tangerang. Lokasi PKM dapat ditempuh dari arah Pamulang melalui Muncul melalui jembatan Sungai Cisadane hingga bertemu Jl. Serpong – Rumpin. Suasananya lokasi cukup tenang, jauh dari hiruk pikuk.

Pada pelaksanaan PKM yang diikuti oleh 20 warga ini dipaparkan tentang pengenalan bagian-bagian/ komponen sepeda motor manual dan matic, perbedaan sistem kerja, perawatan, serta trouble shooting pada permasalahan yang sering muncul pada kedua jenis kendaraan tersebut. kegiatan ini dimulai dari pemaparan secara teori dan dilanjutkan dengan melihat langsung komponen sepeda motor, pembongkaran, penyetelan serta pemasangan kembali komponen transmisi matic.

Baca Juga  Pengendara Roda Dua Ditegur Polisi Menggunakan GPS Saat Mengemudi di Jatinegara

Acara berlangsung dengan santai namun serius, diselingi istirahat dan makan-makan sederhana namun cukup menciptakan suasana akrab di antara peserta pkm dan audience. Banyak pertanyaan yang disampaikan audience sebagai indikasi antusias mereka terhadap kegiatan PKM kali ini.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama para dosen peserta PKM serta audience. Dalam kesempatan ini juga sekaligus dilakukan penandatanganan surat kesepakatan kerjasama antara Prodi Teknik Mesin dengan Bp. Suhendri selaku Ketua RT.01 RW. 01. Kesan yang muncul dari para audience cukup bagus, mereka berharap kerjasama ini terus berlanjut dengan bentuk-bentuk kegiatan berbagi ilmu kepada masyarakat di waktu yang akan datang.

Berhubung acara dilaksanakan di awal masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, maka acara hanya dilaksanakan dalam sehari saja. Acara diakhiri dengan sambutan dari ketua-ketua kelompok PKM yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua RT. 01 / RW. 01 Bapak Suherdi dan kepada warga setempat yang telah hadir dan memberikan sambutan dan fasilitas untuk kelancaran PKM serta terakhir acara ditutup dengan doa bersama. ***

Kontributor : Abdul Choliq (Dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply