Fakultas Teknik Dan Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang Merangkai Kerjasama Dengan PT. Surya Gemilang Buana Tangerang

Opini 0

Fakultas Teknik Dan Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang

Merangkai Kerjasama Dengan PT. Surya Gemilang Buana Tangerang


Oleh: Abdul Choliq

Profil PT.Surya Gemilang Buana Tangerang

Kota Tangerang sebagai salah satu kota penyangga ibukota terus mengalami perkembangan yang pesat dari waktu ke waktu. Sektor industri yang menjadi salah satu sektor unggulan kota ini terus mengalami pertumbuhan. Hampir di semua wilayah Tangerang dapat kita jumpai geliat industri, baik yang berskala kecil / rumahan, industri menengah, hingga industri manufaktur dengan skala besar. Dengan didukung letaknya yang tidak jauh dari Bandara Soekarno-Hatta serta kumudahan akses jalan tol, semakin mendorong kota yang akrab dengan ikon penghasil sepatu olah raga ini makin tumbuh pesat.

Salah satu perusahaan menengah di Tangerang yang bergerak di bidang pembuatan part industri adalah PT. Surya Gemilang Buana. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2003. Workshop perusahaan terletak di Komplek Ruko Pusat Niaga Cibodas, Jl. Gatot Subroto No.44-45, RT.003/RW.001, Cibodas, Kota Tangerang. Pada lokasi yang sama juga terdapat beberapa perusahaan lain yang berdiri berdampingan. Sosok di balik pendirian perusahaan ini adalah Bp. Saryono yang saat ini menjabat sebagai direktur perusahaan. Pria kelahiran Sukoharjo Jawa Tengah ini menceritakan bahwa diawal beliau merintis usaha, PT. Surya Gemilang baru sebatas menerima order dalam skala kecil yang mampu dikerjakan dengan mesin-mesin produksi manual saja.

Baca Juga : Fakultas Teknik dan Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang Jalin Kerjasama dengan CV AKS Jakarta

Kurang lebih 17 tahun berjalan, PT. Surya Gemilang saat ini telah memperoleh kepercayaan dari kustomer. Tidak sedikit perusahaan-perusahaan besar yang bekerjasama dan mempercayakan sebagian proses produksi komponen-komponennya kepada PT. Surya Gemilang. Mesin-mesin produksi yang digunakan saat ini adalah mesin-mesin produksi berbasis CNC (Computer Numerically Control), baik mesin bubut, milling, bahkan wire cut. Jenis order pekerjaan yang diterima saat ini cukup beragan, seperti pembuatan jig, dies, mould, roda gigi, dan part industri lain yang memerlukan tingkat presisi tinggi. Dengan modernisasi peralatan tersebut tentu menjadi sebuah komitmen bagi perusahaan ini untuk memberikan jaminan kualitas dan layanan yang lebih baik kepada kustomer.

Baca Juga  Primagama Pamulang Raya Menjalin Kerjasama dengan Universitas Pamulang

Kerjasama Fakultas Teknik dan Prodi Teknik Mesin UNPAM dengan PT. Surya Gemilang Buana Tangerang

Kehadiran PT. Surya Gemilang Buana juga dirasakan manfaatnya oleh lembaga pendidikan, baik menengah maupun tinggi. Tidak sedikit pelajar maupun mahasiswa yang memilih perusahaan sebagai tempat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. Dengan rekam jejak perusahaan yang cukup baik serta memandang perlunya sinergi antara dunia industri dan dunia pendidikan, maka Fakultas Teknik dan Program Studi Teknik Mesin Universtas Pamulang Tengerang Selatan pada 28 Apri 2021 telah melakukan kesepakatan untuk mengawali kerjasama dalam bidang penelitian bersama pengembangan peralatan workshop produksi. Kerjasama tersebut ditandai dengan penanda tanganan Implementation Arrangement (IA) oleh Bp. Saryono selaku direktur PT. Surya Gemilang Buana dengan disaksikan oleh Abdul Choliq, ST, MT selaku dosen sekaligus kordinator bidang kerjasama Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang yang mewakili Dekan Fakultas Teknik Bp. Syaiful Bakhri, ST., M.Eng.Sc, PhD serta Kepala Program Studi Teknik Mesin Nur Rohmat, ST, MT.***

*Penulis adalah Dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang

Tags:

Related Posts

Leave a Reply