Ide Liburan di Lamongan: Wisata Sepeda Air Wiekes

Info Kota, Wisata 0
Ide Liburan di Lamongan: Wisata Sepeda Air Wiekes

Wisata Sepeda Air Wiekes di Lamongan (Eko Sudjarwo/detikcom)

TangselMedia – Sekarang ada cara baru untuk menikmati keindahan Lamongan. Inilah wisata sepeda air di Kawasan Wisata Edukasi Kali Embung Sekaran atau Wiekes. Anda ingin suasana berlibur di kawasan rawa sambil menikmati pemandangan dan bersepeda air? Ada baiknya meluangkan waktu untuk berkunjung ke Kawasan Wisata Edukasi Kali Embung Sekaran atau Wiekes. Ini adalah tempat wisata di Lamongan yang baru.

Ya, kawasan rawa yang ada di Desa Sekaran ini kini dipugar menjadi sebuah wahana wisata yang cantik. Pemuda dan pemerintah Desa Sekaran mengubah kawasan ini menjadi sebuah wahana wisata. “Kami ingin mengoptimalkan potensi yang ada di desa kami, salah satunya ya rawa ini,” kata Kepala Desa Sekaran, Isman Afandi dalam perbincangannya dengan wartawan.

Isman mengaku, meski baru diresmikan pembukaannya, Wiekes sudah banyak didatangi oleh ratusan pengunjung. Tak hanya dari Lamongan, kata Isman, pengunjung yang datang ke Wiekes juga datang dari kota-kota di sekitar Lamongan.”Saat ini baru ada satu wahana, yaitu sepeda air sebanyak 7 unit,” ungkapnya.

Untuk masuk ke dalam lokasi Wiekes, kita tidak perlu merogoh kocek yang banyak. Memasuki kawasan Wiekes kita hanya membayar karcis sebesar Rp 2.000. Sementara, untuk bisa menikmati sepeda air, kita juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena untuk sekali naik sepeda air dengan 4 kursi, kita hanya perlu membayar sebesar Rp 15 ribu per 15 menit, dan untuk perahu isi 2 kursi Rp 10 ribu.

“Wahana ini sebenarnya baru rampung 50 persen. Kami berharap wahana wisata ini bisa lenih meningkatkan PAD kami yang dulu baru Rp 225 juta, sekarang sudah Rp 500 jutaan,” kata Isman yang menyebutkan kalau selain wahana wisata ini, Desa Sekaran juga ada pemasukan lain dari Pasar Desa Sekaran.

Baca Juga  Lapangan Kerja Di Indonesia Minim, 1.275 Warga Ngawi Jadi TKI

Masuk ke lokasi Wiekes, wisatawan akan disuguhi pemandangan rawa dengan airnya yang jernih dan warna-warni bunga yang menambah segar pemandangan. Pula, kita bisa melihat hamparan padi yang berada di sekitar Wiekes yang semakin memanjakan mata kita. Tak hanya itu, di kawasan Wiekes ini kita juga akan bisa mendapatkan ikan bakar atau jajanan khas hasil desa ini. Sejumlah produk unggulan, seperti ikan asap, wingko dari jagung, brownies jagung dan keripik jagung bisa kita dapatkan di tempat ini.

“Pemuda Karang Taruna antusias membantu pengelolaan dan berjualan souvernir, sementara warga yang punya produk unggulan juga kami tampilkan di sini,” aku Isman. Ke depan, kata dia, obyek wisata yang didanai oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sekar Sejahtera itu akan dibangunkan wahana lainnya. Sehingga pengunjung tetap tertarik untuk datang.

“Nanti kami juga akan bangun kolam renang, kolam pemancingan di tambak, dan pemancingan ikan liar di kali, termasuk membuka sentra oleh-oleh dan pembangunan lahan parkir,” papar Isman. Sementara, Bupati Lamongan, Fadeli yang membuka wahana Wisata Wiekes ini menyebut inovasi yang dilakukan Desa Sekaran ini patut untuk dicontoh. Desa Sekaran, kata Fadeli, mampu berinovasi dari sebuah embung yang biasa saja disulap menjadi sebuah kawasan wisata. “Pemkab akan memfasilitasi inovasi desa seperti di Sekaran tersebut agar bisa lebih berkembang, sekaligus memacu inovasi dari desa lain,” pungkasnya.
(rdy/fay)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply