Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang Lakukan Pelatihan Inovasi Desain Kemasan Produk di Desa Pakuhaji, Kabupaten Tangerang

TangselMedia-Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang dilakukan pada hari Minggu 30 Mei 2021. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) kali ini dilaksanakan di Desa Paku Haji, Kelurahan Paku Haji, Kabupaten Tangerang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dihadiri oleh mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang, Dosen pembimbing Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu Bapak Rusmalah, S.T., M.T., dan tentunya dihadiri oleh Kepala Desa Paku Haji yaitu Bapak Suyatno, S.E. dan Koordinator PKK Desa Paku Haji yaitu Ibu Aida. Adapun kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan di Aula Paku Haji yang menjadi sentral kegiatan warga desa, kegiatan ini dilakukan dengan mematuhi standar protokol kesehatan yang berlaku saat ini.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai perwujudan mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang untuk memberikan manfaat ilmu pengetahuan yang didapat di Universitas Pamulang kepada masyarakat Desa Paku Haji. Guna  meningkatkan omset produk UMKM masyarakat di Desa Paku Haji, tim Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Rian Hardiansyah dan beberapa anggota antara lain, Rizki Hasan, Ahmad Rivaldi, Nasython Ilham Rosydi, dan Dewangga Juasto. Serta dibimbing Bapak Rusmalah, S.T., M.T selaku Dosen Teknik Industri Universitas Pamulang. Dengan mengusung tema pengabdian berupa pelatihan design pembuatan produk detergen pencuci piring yang saat ini produk tersebut menjadi kebutuhan pokok masyarakat di berbagai daerah.

Bertujuan untuk meningkatkan omset produk UMKM Masyarakat di Desa Paku Haji, mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang memberikan pelatihan berupa  inovasi desain pada pembuatan produk detergen pencuci piring yang tentunya akan semakin menambah daya tarik produk terhadap minat beli masyarakat. Pelatihan yang diberikan kepada masyarakat berupa pengenalan, pemilihan dan aplikasi kemasan primer dan kemasan sekunder yang tujuannya untuk melindungi dan menghindari produk dari penurunan kualitas, dengan membedakan desain yang ada dipasaran maka dapat dipastikan akan semakin memikat ibu-ibu rumah tangga untuk membeli produk.

Baca Juga  Polisi Tangerang Berharap Peringatan Hari Buruh Tidak Berlebihan

Dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat pelatihan ini peserta sangat antusias dengan pelatihan dan serius dalam mengikuti tahapan proses yang dilakukan pada pembuatan design produk. Peserta yang hadir yaitu kaum Ibu yang aktif bergabung dalam PKK dan juga masyarakat sekitar yang produktif dan berminat meningkatkan  perekonomian rumah tangga. Rasa syukur atas kehadiran tim pengabdi tak henti-hentinya diungkapkan oleh ibu Aida, “Kami sangat berterima kasih kepada Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang yang bersedia membantu masyarakat kami dalam melakukan inovasi desain produk, saat ini produk yang ada di UMKM kami kurang begitu tertata desainnya sehingga omset penjualan kurang bagus” begitu ujarnya.

Dalam hal ini kegiatan pengabdian kepada masyarakat ditutup dan diharapkan bermanfaat kepada masyarakat Desa Paku Haji. Diharapkan pengabdian kepada masyarakat ini menjadi acuan dan dampak positif masyrakat sekitar agar lebih produktif dan inovatif dalam meningkatkan omset produk UMKM di Desa Paku Haji.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply