Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas Hasil Tani Dilihat Dari Perspektif Islam Didesa Kampung Kadikaran, Banten

TangselMedia-Kewajiban dosen-dosen perguruan tinggi adalah melakukan Tridharma perguruan tinggi dimana didalam melakukan berbagai kegiatan yaknik selain melakukan kegiatan mengajar dikelas dosen juga diwajibkan untuk melakukan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Pada hari Selasa s.d Kami, 15 s.d 17 November 2022, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diketuai oleh M Mualif, S.Pd.I., M.Pd, I Tedi Dahniar, S.T., M.T,dan Dr. Ir Edi Iswanto Wiloso, MA, Sc  sebagai anggota serta dibantu oleh rekan-rekan mahasiswa dari prodi teknik industri Universitas pamulang.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas Hasil Tani Dilihat Dari Perspektif Islam Didesa Kampung Kadikaran, Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Banten”. Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini Dihadiri Lurah Desa Kadikaran Bapak Nuralim, beberapa tokoh masyarakat dan warga desa dan Karang Taruna.

Kegiatan diawali pembukaan oleh MC dilanjutkan sambutan dari perwakilan Program Studi Teknik Industri Bapak Dr Ir Dadang Kurnia  dimana dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari Bapak Lurah dan Warga desa Kadikaran yang antusias untuk menghadiri kegiatan tersebut. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Lurah Desa Kadikaran Bapak Nuralim yang dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih dengan berlangsungnya kegiatan ini diharapkan banyak memberikan ilmu-ilmu dan informasi yang bermanfaat untuk warga desa untuk mengembangkan potensi-potensi desa dan mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan diadakan di Desa Kadikaran terutama dari berbagai segi.

Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas Hasil Tani Dilihat Dari Perspektif Islam Didesa Kampung Kadikaran, Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Banten dimaksudkan  untuk memberikan banyak informasi dan mungkin masukan terkait pengetahuan tentang Teknologi dan merupakan hal yang sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari kita saat ini dipandang dalam Perspektif Isalam. Dalam Islam sendiri tidak pernah mengekang umatnya untuk maju dan modern, justru Islam sangat mendukung kemajuan umatnya untuk melakukan penelitian dan bereksperimen dalam bidang apapun termasukdalam bidang teknologi. Selain banyak memuat tentang pentingnya pengembangan sains,  Al-Quran juga dapat dijadikan sebagai inspirasi ilmu dan pengembangan wawasan berpikir, sehingga mampu menciptakan sesuatu yang baru dalam kehidupan. Hanya saja, untuk menemukan hal tersebut, dibutuhkan kemampuan untuk menggalinya secara lebih mendalam agar potensi alamiah yang diberikan Tuhan dapat memberikan kemaslahatan sepenuhnya bagi keselarasan alam dan manusia.

Baca Juga  Dosen Teknik Industri Unpam Berikan Penyuluhan Pembuatan Handsoap Berbasis Green Chemical Di Bank Sampah Perumahan Benua Indah, Tangerang

Kemajuan teknologi modern yang begitu pesat telah memicu munculnya produk-produk teknologi canggih seperti radio, televisi, internet, alat-alat komunikasi dan barang-barang mewah lainnya, serta menawarkan aneka jenis hiburan bagi tiap orang tua, kaum muda, atau anak-anak. Namun tentunya alat-alat itu tidak bertanggung jawab atas apa yang diakibatkannya. Justru di atas pundak manusia lah terletak semua tanggung jawab itu. Sebab adanya berbagai media informasi dan alat-alat canggih yang dimiliki dunia saat ini, dapat berbuat apa saja. Kiranya faktor manusia lah yang menentukan operasionalnya. Adakalanya menjadi manfaat yaitu manakala manusia menggunakan dengan baik dan tepat. Salah satu teknologi yang sedang marak saat ini adalah internet. Selain menghubungkan komunikasi global, manfaat lain dari internet ialah sebagai media informasi dan hiburan. Kemudian manfaat lainnya ialah sebagai sarana pendukung kegiatan bertani. Seperti diketahui bahwa internet adalah media termudah untuk mendapatkan informasi termasuk menyebarkan hasil-hasil produk Tani menggunakan sistem online.

Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang ini diharapkan dapat turut berkontribusi membangun Desa Kadikaran, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Banten, melalui warga yang hadir untuk berbagi pengetahuan, mendorong masyarakat agar mendapatkan informasi dan mau langsung mengimplementasikan nya demi kepentingan bersama.***

Kontributor : Tedi Dahniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *