Mencari Peluang Usaha Dimasa Pandemi Pelatihan Membangun UMKM Dengan Bisnis Model Campas

TangselMedia-Salah satu Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini. Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini.

Masyarakat telah merasakan bahwa berbagai produk luar negeri membawa dampak yang luar biasa, terutama perekonomian dan industri kecil. Pada sisi yang lain, munculnya berbagai kerajinan yang berasal dari luar daerah dan luar negeri juga membawa ketakutan yang luar biasa, sehingga diperlukan beberapa strategi dalam membangkitkan gairah usaha dari peninjauan peluang hingga pemasaran.

Ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19 perekonomian masyarakat menurun, perekonomian negara menurun drastis, dari sisi sosial, sektor industri dan sektor usaha.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan, tak hanya industri yang terganggu, pandemi Covid-19 juga akan menambah pengangguran. Ia memprediksi, dalam skenario berat potensi pengangguran akan bertambah 2,92 juta orang dan bisa bertambah sangat besar bisa mencapai 5,23 juta.

Jika masalah pengangguran ini tidak segera diatasi, maka akan muncul berbagai macam tindak kejahatan seperti: pencurian, perampokan, bahkan pembunuhan. UMKM menjadi salah satu upaya ladang usaha yang bermodal tidak terlalau besar sehingga dengan kemampuan modal kecil dapat usaha dengan apa yang akan dijalankan.

Begitu juga dengan UMKM Desa Pasir Ampo yang menjadi mitra dalam pengabdian ini, penting untuk memberikan pelatihan kepada para pengelola UMKM dalam meningkatkan daya saing produk UMKM sehingga para pegiat UMKM di wilayah Desa Pasir Ampo,Kresek Kabupaten  Tangerang senantiasa siap menghdapi persaingan global.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Program  Studi Teknik Industri Universitas Pamulang yang diketuai oleh Adi Candra S.T.,M.T beserta anggota yang terdiri dari  Agus Taufik S.T.,M.T ,Sudiman S.T.,M.T ,Luqman Nur Hakim ,Intan Salsabila ,Eki Rahman ,Yang dilaksanakan pada tanggal 12-14 November 2021.

Meskipun, dalam kondisi pandemi seperti saat ini, protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan izin Lurah, maka dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di Desa Pasir Ampo, Kabupaten Tangerang.

Untuk itu dalam upaya pemantapan materi yang akan dibawakan telah mewawancarai pelaku UMKM sehingga dalam pelaksanaan materinya tersampaikan dengan kebutuhan pelaku usaha.

Bentuk pemberitahuan dan pelaksanaan dalam pelaksaannya maka tim PKM menyiapkan berbagai perlengkapan dari data peserta yang hadir baik pelaku UMKM maupun di luar pelaku usaha dapat menghadiri acara PKM ini namun dari kapasitas 70 orang menjadi 35 orang setengahnya kapasitas karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Baca Juga  ICMI Tangsel Harapkan Ahok Diproses Hukum

Dalam pemaparan sosialisasi yang disampaikan oleh pembicara Agus Taufik S.T.,M.T bahwa diperlukan strategi dalam mengelola dan mengembangkan UMKM. Strategi yang harus dilakukan dalam bisnis campas ada 9 kriteria di antaranya adalah :

  1. Customer Segments (Segmentasi Konsumen)

Elemen pertama yang harus Anda miliki dalam memulai bisnis model campas ini adalah menentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis.

  1. Value Proposition (Proposisi Nilai Konsumen)

Elemen yang dimaksud pada business model campas ini adalah sekat yang merupakan keunggulan produk, apa saja sesungguhnya poin-poin yang dapat mendatangkan manfaat yang ditawarkan bisnis atau perusahaan bagi customer segment-nya.

  1. Channels (Saluran)

Channel yang dimaksud di sini adalah media atau sarana apa saja yang bisa Anda gunakan untuk menyampaikan produk atau jasa.

Channel atau saluran adalah bagaimana Anda bisa menyampaikan produk Anda sampai hingga kepada konsumen.

  1. Revenue Streams (Sumber Pendapatan)

Revenue stream merupakan bagian yang paling vital, di mana organisasi memperoleh pendapatan dari pelanggan.

Elemen Bisnis Model campas, bisnis model campas, Business Model campas atau BMC ini harus dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan bisnis.

Jangan sampai ada bahan baku, produk, atau kinerja yang tidak dimanfaatkan secara maksimal.

  1. Key Resource (Sumber Daya)

Key resource adalah sekat dalam bisnis model campas yang berisikan daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki perusahaan untuk mewujudkan value proposition mereka.

  1. Customer Relationship (Hubungan Konsumen)

Customer Relationship merupakan elemen dalam contoh bisnis model campas atau business model campas di mana perusahaan menjalin ikatan dengan pelanggannya.

  1. Key Activities (Aktivitas yang Dijalankan)

Key activities adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas bisnis yang berkaitan dengan sebuah produk, di mana kegiatan utamanya adalah menghasilkan proposisi nilai.

  1. Key Partnership (Kerjasama)

Elemen business model campas ini berfungsi untuk pengorganisasian aliran suatu barang atau layanan lainnya dalam bisnis Anda.

Posisi-posisi partner kunci tersebut bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas dari key activities yang telah dibuat.

  1. Cost Structure (Struktur Biaya)

Model bisnis ini merupakan konsekuensi secara finansial dari cara yang digunakan dalam model bisnis yang Anda buat. Di sini, Anda harus memetakan biaya dan memastikan bahwa biaya sesuai dengan value Propositions bisnis.

Dari hasil kegiatan PKM mengenai pelatihan membangun UMKM dengan bisnis model campas, dapat disimpulkan bahwa pentingnya untuk memberikan pelatihan kepada para pengelola UMKM dalam meningkatkan daya saing produk UMKM sehingga para pegiat UMKM di wilayah Desa Pasir Ampo,Kresek Kabupaten Tangerang senantiasa siap menghadapi persaingan global.

Sekian berita yang dapat kami edarkan, semoga kegiatan yang tim laksanakan bermanfaat bagi warga Desa Pasir Ampo,Kresek Kabupaten Tangerang. Kami segenap tim PKM mengucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply