Pengenalan Pentingnya Pengecekan Kanvas Rem Pada Sepeda Motor Secara Berkala

TangselMedia-Kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh pengendara sepeda motor sering kali terjadi karena kurangnya jarak pengereman pengedara sepeda motor itu sendiri. Namun tidak sedikit kecelakaan sepeda motor diakibatkan oleh kerja rem motor yang tidak maksimum akibat penipisan kampas rem sepeda motor. Dampak yang munculkan tentu kerusakan kendaraan, luka pengendara, kecacatan, bahkan kematian. Dilatarbelakangi kejadian-kejadian tersebut, maka beberapa mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada 26 Juni 2021 yang lalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat di lingkungan Kampung Lio RT. 005 / RW. 019 Kelurahan Depok, Kota Depok, Jawa Barat. Tema yang diangkat adalah tentang “Betapa Pentingnya Pengecekan Kanvas Rem Secara Berkala”.

PKM oleh mahasiswa semmester 6 ini diketuai oleh Muhammad Fatih Ulumuddin yang beranggotakan Abdul Wahid Syarifudin, Marta, Hidayanto, Rizki Romadhon. Bertindak sebagai dosen pembimbing PKM adalah Bapak Abdul Choliq, ST., MT, salah satu dosen teknik mesin. Sosialisasi ini melibatkan masyarakat sekitar lokasi dan pemuda Karang Taruna dan dihadiri oleh Ketua RT. 005 Bapak Hermasyah. Dalam sambutan pembuaan, M. Fatih Ulumuddin selaku ketua kelompok PKM menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian mahasiswa dalam menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi yang di laksanakan secara berkesinambungan.

Tujuan yang ingin dicapai adalah memberikan pengetahuan dan membangun kesadaran masyarakat Lingkugan RT 005 / RW 019 yang sudah diberikan sosialisasi tersebut dapat lebih peduli terhadap perawatan sistem pengereman sepeda motor yang oleh kebanyakan orang dianggap hal yang dianggap sepele sehingga banyak yang teledor, namun dapat berakibat fatal bagi pengendara sepeda motor maupun pengguna jalan yang lain.

Baca Juga  Kampung Mandouw Ditetapkan Menjadi “Kampung Iklim” Utama di Papua

Pada inti materi yang dipaparkan, ada point penting yang dapat dijadikan catatan. Dijelaskan bahwa kampas rem akan menipis seiring pemakaian, maka perlu dikontrol dan penggantian secara berkala. Kedua, pemakaian kendaraan pada kondisi becek karena hujan menyebabkan air dan lumpur masuk ke sela-sela kampas rem. Jika tidak segera dibersihkan sehingga kotoran mengering dipermukaan kampas maka akan menyebabkan kampas kurang daya geseknya. Kampas akan menjadi licin dan mengurangi daya pengereman. Maka pembersihan motor dengan mencuci sesegera mungkin ketika kotor mutlak diperlukan. Selain menjaga performa pengereman, juga akan menjadikan pengendara lebih nyaman.

Selain materi inti, pemateri juga menambahkan tentang pentingnya untuk taat dan tertib aturan lalu lintas selama berkendara di jalan raya serta saling menghargai sesama pengendara. Hal ini penting mengingat selama semakin padatnya jalan oleh pengendara sepeda motor dan seringnya terjadi kecelakaan akibat kelalaian pengendara sepeda motor. Tentu kehatia-hatian setiap pengendara sepeda motor harus ditingkatkan.

Dalam penutupan acara, disampaikan ucapan terimakasih yang disampaikan kepada Ketua RT. 005 / RW 019 Kampung Lio Depok atas penerimaan dan kerjasamanya dalam membantu kelancaran PKM mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang. Bapak Hermasyah selaku ketua RT yang mewakili masyarakat di lingkungannya juga sangat mengapresiasi kegiatan PKM mahasiswa Universitas Pamulang di lingkungan warga yang beliau pimpin. Beliau berharap kegiatan ini dapat berlanjut karena dirasa sangat perlu dan bermanfaat, khususnya untuk kalangan muda dilingkungannya.***

Kontibutor : Muhamad Fatih Ulumuddin (Mahasiswa Teknik Mesin Unpam)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply