PKM Mahasiswa Unpam Berikan Penyuluhan Pentingnya Perawatan Preventif Pada Mesin Kendaraan Ringan

TangselMedia-Mobilitas penduduk di wilayah Jabodetabek yang tinggi mendorong masyarakat untuk lebih mudah mencapai suatu tempat. Hal ini yang mendorong hampir setiap orang dewasa memiliki kendaraan pribadi maupun sepeda motor. Meskipun telah banyak upaya dilkukan untuk mengurai kemacetan, namun kenyataannya semakin hari semakin terasa kemacetan. Hal ini menjadi indikator bahwa kepemilikan kendaraan pribadi sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup masyarakat. Seiring meningkatnya jumlah kendaraan khususnya sepeda motor, tentu memerlukan skill bagi pemilik kendaraan untuk merawat kendaraannya sendiri agar awet dan nyaman dikendarai. Dilatar belakangi hal tersebut, maka sekelompok mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang dalam pelaksanaan keawajiban program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mencoba mengangkat tema yang dirasa sangat diperlukan, yaitu “Pentingnya Perawatan Preventive Pada Mesin kendaraan Ringan”.

Lokasi pelaksanaan PKM adalah Kampung Cicayur RT.01 / RW02 Desa Mekar Wangi Kecamatan Cisauk. Lokasi PKM termasuk wilayah Tangerang, namun sudah agak jauh dari pusat kota. Perjalanan menuju lokasi tidaklah sulit dijangkau dari wilayah Pamulang, BSD maupun dari Tangerang Kota. Suasana jalan juga tidak terlalu padat karena sudah memasuki wilayah pedesaan, hanya perlu ekstra hati-hati mengingat banyaknya kendaraan-kendaraan besar yang membawa pasir dan batu tambang dan kondisi jalan yang kadang berlubang bercampur lumpur yang menjadikannya licin setelah hujan turun.

Tema yang dipilih dalam program PKM tentang pentingnya perawatan pereventive pada mesin kendaraan ringan cukup relevan dengan kondisi banyaknya sepeda motor didaerah tersebut, dan tidak banyaknya bengkel jasa perawatan kendaraan ringan. Sebagaimana diketahui bahwa ada beberapa perawatanyang sifatnya rutin pada sepeda motor untuk menjaga performa mesin tetap handal yang memang harus dipahami dipahami oleh pemilik kendaraan tanpa harus mengandalkan jasa bengkel, seperti penyetelan rantai, penggantian oli, penggantian bearing, penggantian lampu, penggantian ban, dll.

Baca Juga  Sosialiasiasi Tentang Pemahaman Air Conditioner Pada Mobil Oleh  Mahasiswa Teknik Mesin Unpam di SMK Islam Permatasari 2 Bogor

Kelompok PKM terdiri dari lima mahasiswa. Abdur Rafi sebagai ketua, Muhammad Fajri, Muhmmad Sukron Abdillah, Akmal Farid, serta Tio Pramana Putra sebagai anggota kelompok. Sebagai dosen pembimbing adalah Bp. Abdul Choliq, ST, MT. Dari perwakilan masyarakat terdapat sepuluh audience yang berasal dari lingkungan setempat. Materi yang disampaikan adalah tentang bagaimana merawat maupun memperbaiki mesin pada kendaraan ringan mulai dari merawat karburator pada mesin, mengganti part-part pada mesin jika mengalami kerusakan, mengganti oli mesin, dll. Dengan kegiatan ini diharapkan agar masyarakat yang hadir dalam kegiatan PKM mampu melakukan perawatan preventive pada mesin kendaraannya secara mandiri. Kedua dapat mendorong mereka untuk mengambil peluang usaha dibidang perawatan sepeda motor.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 25 Juni 2021 tersebut di hadiri oleh Bapak M. Eby Febriyansyah sebagai salah satu tokoh dan penggiat perbengkelan di Kampung Cicayur. Peserta juga diberi pengetahuan tentang tips-tips merawat mesin yang simple namun penting dilakukan seperti memanaskan mesin pada sepeda motor sebelum digunakan, menghindari membawa beban berlebih serta pentingnya mengutamakan keselamatan berkendara di jalan raya dan menjaga kesopanan dengan sesama pengguna jalan. Setelah pemaparan materi diselesaikan, acara dilanjutkan dengan acara ramah tamah antara para mahasiswa, warga peserta PKM, dan beberapa tokoh masyarakat. Tidak lupa dilakukan foto bersama untuk dokumentasi, dan terakhir santap siang bersama sebelum kembali ke kediaman masing-masing.***

Kontributor : Abdur Rafi (Mahasiswa Fakultas Teknik Mesin UNPAM)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply