PKM Mahasiswa Unpam Sosialisasikan Perawatan Kendaraan Roda Dua di Pondok Aren, Tanggerang Selatan

TangselMedia-Pemeliharaan (maintenance) adalah serangkaian kegiatan untuk menjaga fasilitas dan peralatan agar senentiasa dalam keadaan siap pakai (ready for use) untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan seefisien mungkin sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan mampu memenuhi standart baik fungsional maupun kualitas. Sepeda motor merupakan kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh engine. Letak kedua roda sepeda motor sebaris lurus. Pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil dengan adanya gaya giroskopik. Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan sepeda motor bergantung kepada kemampuan pengendara dalam mengawal stang motor. Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif terjangkau oleh sebagian besar kalangan, selain itu bahan bakarnya serta biaya operasionalnya cukup hemat. Indonesia memiliki prospek dan pangsa pasar cukup baik dalam dunia otomotif khususnya roda dua, tidak hanya sekedar pernyataan belaka namun hal ini didukung oleh hasil penelitian terhadap perkembangan otomotif yang ada di Indonesia.

Satu unit sepeda motor terdiri dari lebih 1000 komponen. Pada umumnya sepeda motor dioperasikan dalam waktu yang lama, karenanya performa sepeda motor akan menurun dan kerusakan akan terjadi lambat atau cepat. Kerusakan akan terjadi lebih cepat apabila perawatan sepeda motor kurang baik dan kesalahan operasi pengandara itu sendiri. Tetapi pada umumnya sebuah sepeda motor tidak akan rusak dengan tiba-tiba bila digunakan secara normal, melainkan melalui gejala-gejala, kecuali bila terjadi kecelakaan. Sebelum kerusakan terjadi, motor mengalami gejala-gejala operasional yang abnormal, seperti suara bunyi yang asing dari benturan antara katup dengan tuas katup pada kepala silinder. Dan untuk memperpanjang umur kendaraan sepeda motor sesuai rekomendasi pabrik, maka perlu perawatan secara berkala/periodik.

Baca Juga  Gunung Kidul Mengembangkan Pariwisata Dengan Sistem Klaster

Di latar belakangi persoalan tersebut, sebagai bentuk peran aktif mahasiswa dalam bermasyarakat, maka sekelompok mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terdiri dari 5 anggota yaitu Fiqih Akbar, M. Reza ramdahni, Andi Alfiansyah, Rifki Rama, dan Wira Tamtama, dengan dosen pembimbing Bpk. Abdul Choliq S.T M.T. yang bertemakan “Sosialisasi Perawatan Kendaraan Roda Dua” Lokasi yang dipilih sebagai tempat PKM adalah di Jl. Musholla Iii Rt 05 Rw 01, Pondok Aren, Tanggerang Selatan. PKM dilaksanakan tanggal 20 juni 2021 pada jam 10.00 wib, dengan lokasi di pinggir kota Tanggerang yang ramai sehingga mudah di akses oleh kami sehingga mempermudah kami untuk menju ke lokasi tersebut, dengan perwakilan masyarakat yang sebagian berprofesi sebagai ojol atau ojek online dan sebagian adalah ibu-ibu rumah tannga yang rata-rata awam tentang perawatan kendaraan roda dua ini.

Tujuan yang diharapkan dalam PKM kali ini adalah memberikan penjelasan yang mudah untuk dipahami oleh masyarakat sekitar bagaimana cara merawat kendaraan roda dua sehingga masyarakat dapat merawat dan memperbaiki kendaraan roda dua tersebut secara mandiri, terutama kepada ibu-ibu rumah tangga yg biasanya hanya menggunakan kendaraan roda dua dan notabennya belum mengetahui tentang perawatan kendaraan roda dua ini. Melalui PKM ini meskipun sebentar namun ada proses transfer ilmu kepada masyarakat dengan sederhana dan dipahami oleh masyarakat tersebut.

Setelah kegiatan sosialisai tersebut diakhiri, mahasiswa melanjutkan kegiatan dengan acara ramah tamah kepada masyarakat dilanjutkan dengan makan siang dan berfoto bersama untuk menjalin tali silahturahmi.

Kontributor : Fiqih Akbar Kurdiansyah (Mahasiswa Teknik Mesin Unpam)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply