PKM Mahasiswa Unpam Adakan Pelatihan Pemasaran Keripik Pisang dan Keripik Singkong di Rumpin

TangselMedia-Pada tanggal 14 Mei 2023 Mahasiswa Fakultas Teknik, Prodi Teknik Industri, Universitas Pamulang telah mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertempat di Desa Kp. Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Terdapat Mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKM ini yaitu Aditya Farhan, Atikah Martina, Febry Wahyuni, Karismawati, dan Muhamad Ichsan Ramdhani yang di dampingi oleh dosen pembimbing yaitu Ibu Junaenah, ST., MM.

Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk menerapkan hasil pembelajaran yang telah didapat dengan mengimplementasikannya kepada masyarakat, dalam kegiatan ini terdapat 50 orang warga yang mengikutinya dan dalam kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat baik dan warga sangat excited dalam mengikutinya.

Pada awal kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan pembukaan yang dibuka oleh Ketua RT setempat dan juga oleh Dosen Pembimbing dengan memberikan kata sambutan agar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakt dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan.

Baca Juga  Pembuatan Spray Serai Anti Nyamuk di Desa Jatiwaringin Oleh Mahasiswa Unpam

Hasil survei kami dengan menanyakan warga sekitar bahwa mereka hanya memproduksi hasil olahan pisang dan singkong untuk dikonsumsi sendiri, maka dari itu dengan pembahasan kali ini kami mengajak warga setempat untuk berinovasi dengan memasarkan hasil olahan pisang dan singkong yang nantinya dapat dipasarkan secara online ataupun offline.

Dalam pemasaran terdapat strategi yang harus dilakukan, hal ini berupa planning, riset, produk, pelanggan, tim pemasaran, promosi, analisis , dan memperluas jaringan. Setelah pemasaran tersebut dijalankan hal yang harus dilakukan adalah dengan mengembangkan pemasaran tersebut dengan cara membagikan brosur yang informatif, membagikan sampel produk, membukan took atau stand bisnis.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *