Pembuatan Spray Serai Anti Nyamuk di Desa Jatiwaringin Oleh Mahasiswa Unpam

TangselMedia –¬†Pamulang, Tanggerang Selatan (08 Desember 2023). Desa Jatiwaringin, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, merupakan salah satu desa yang sangat peduli terhadap kesehatan setiap warganya, salah satu isu kesehatan yang sedang tranding di desa tersebut adalah demam berdarah. Sehingga pencegahan dini terus dilakukan agar kasus demam berdarah dapat ditekan penularannya. Salah satu alternatif yang akan dilakukan adalah dengan membuat spray anti nyamuk dari bahan alami yang sederhana, yang sering ditemui di desa tersebut. Hal ini juga membuat pengeluaran anggaran kesehatan untuk desa Jatiwaringin tersebut dapat berkurang dan dapat digunakan untuk keperluan desa lainnya, selain itu juga pembuatan spray anti nyamuk ini dapat menjadi mata pencaharian baru untuk warga Desa Jatiwaringin yang potensinya cukup besar ketika musim penghujan seperti saat ini. Bahan alami tersebut adalah serai wangi atau nama ilmiahnya Cymbopogon nardus. Dikutip dari Wikipedia, Serai wangi (Cymbopogon nardus) adalah jenis rumput-rumputan dari ordo Graminales yang khas dari daerah-daerah tropis Asia. C. nardus bersifat perennial (selalu tumbuh sepanjang tahun). Sereh wangi juga dapat dibuat menjadi citronella oil yang memiliki sifat-sifat yang menguntungkan seperti anti-nyamuk, anti-jamur, antibakteri, larvasidal, anti-inflammatory, aromatik, antipiretik (dapat meredakan demam dan sakit kepala), antispasmodic (bersifat sebagai muscle relaxer), dan dapat digunakan untuk agen-agen pembersih. Di daerah Karibia dan India, sereh wangi adalah komposisi utama dari pengobatan-pengobatan tradisional untuk meredakan demam, nyeri eksternal, dan artritis. Daun dari sereh wangi juga merupakan sumber selulosa yang baik untuk pembuatan kertas dan kardus.

Serai wangi (Cymbopogon nardus) merupakan tanaman rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Selain itu, serai wangi juga memiliki banyak manfaat lain, salah satunya sebagai pengusir nyamuk.

Serai wangi mengandung minyak atsiri yang bersifat antiseptik dan antibakteri. Minyak atsiri ini juga memiliki aroma yang menyengat yang tidak disukai oleh nyamuk.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Respati Yogyakarta, serai wangi terbukti efektif sebagai repellent nyamuk. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan nyamuk Aedes aegypti, yaitu nyamuk yang merupakan vektor penyakit demam berdarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serai wangi dapat mengusir nyamuk Aedes aegypti dengan efektifitas hingga 90%. Hal ini disebabkan oleh kandungan sitronelal yang tinggi dalam minyak atsiri serai wangi. Sitronelal merupakan senyawa aktif yang memiliki efek repelen terhadap nyamuk. Selain itu, serai wangi juga memiliki efek ovicidal, yaitu dapat membunuh telur nyamuk. Hal ini dapat membantu untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah.

Baca Juga  Mahasiswa Teknik Industri Unpam Sosialisasikan Pembuatan Sabun Cuci Tangan di Desa Cikopomayak, Bogor

Sebuah penelitian yang juga dilakukan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2015 menunjukkan bahwa citronella oil dapat mengusir nyamuk Aedes aegypti, nyamuk pembawa demam berdarah dengue (DBD).

Dalam penelitian tersebut, citronella oil dengan konsentrasi 30% dan 50% terbukti dapat mengusir nyamuk Aedes aegypti selama 2 jam. Sedangkan citronella oil dengan konsentrasi 100% dapat mengusir nyamuk Aedes aegypti selama 4 jam.

Selain penelitian diatas, banyak penelitian lain yang juga menunjukkan efektivitas citronella oil sebagai pengusir nyamuk. Oleh karena itu, serai wangi dapat menjadi alternatif alami untuk mengusir nyamuk.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat spray sereh anti nyamuk ini cukup sederhana, yaitu serai, air, dan alkohol. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu:

  1. Bersihkan serai dan potong-potong menjadi ukuran kecil.
  2. Rebus Serai dengan Air selama 30 menit.
  3. Saring Air rebusan serai.
  4. Diamkan selama 12 jam.
  5. Tambahan Alkohol dengan perbandingan air sereh dan alkohol 1 : 3.
  6. Aduk hingga rata.
  7. Tuang ke dalam botol spray.Usaha pembuatan spray sereh anti nyamuk di Desa Jatiwaringin diharapkan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat setempat untuk menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa.Pengembangan usaha pembuatan spray sereh anti nyamuk di Desa Jatiwaringin diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat setempat, dan juga bagi Indonesia secara keseluruhan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *