Prodi Teknik Industri Unpam Berikan Kesadaran Akan Kesehatan Masyarakat di Kampung Cibeber, Lebak

TangselMedia-Pada Hari Kamis tanggal 31 Maret 2022 sampai dengan Sabtu, 2 April 2022, telah dilaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berjudul “Menumbuhkan Kesadaran Akan Kesehatan Masyarakat Di Mulai Dengan Lingkungan Keluarga Di Kampung Cibeber, Desa Cijengkol, Cilograng, Lebak, Banten”, oleh dosen dan mahasiswa dari, Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang. Kegiatan PKM ini diketuai oleh Bapak Sofian Bastuti, S.T, M.T.  beranggota Ibu Rini Alfatiyah, S.T, M.T, CMA, Bapak M. Mualif, M.Pd. I beserta beberapa mahasiswa Teknik Industri.

Pada Kegiatan PKM ini disambut baik oleh Kepala Desa Cijengkol Nendi, S.PD.I,, Kelompok Karang Taruna dan warga Kampung Cibeber, Desa Cijengkol, Kabupaten Lebak. Permasalahan yang terjadi di kampung Cibeber adalah masih terlihatnya sampah di aliran sungai dan masih adanya pembuangan hajat di aliran sungai yang mengitari pemukiman warga.

Tujuan dari PKM ini adalah untuk membantu menciptakan kenyamanan dan ketentraman hidup masyarakat, melalui pengetahuan guna menumbuhkan kesadaran akan kesehatan masyarakat di mulai dengan lingkungan keluarga atau lingkungan rumah tinggal yang sehat dan aman. Sehingga masyarakat akan terdorong untuk berpikir dan terampil dalam menganalisis kondisi lingkungan rumah mereka agar nyaman untuk dihuni serta aman untuk keluarga, khususnya bagi anggota keluarga yang masih kecil dan lanjut usia.

Baca Juga  Inovasi Produk Bahan Baku Jagung Menjadi Bolu Jagung

Kegiatan PKM diberikan dalam bentuk penyuluhan, diskusi dan simulasi di ruang aula Kampung Cibeber, Desa Cijengkol, Cilograng, Lebak, Banten. Metode yang digunakan adalah penyampaian informasi koordinasi dengan masyarakat tentang menumbuhkan kesadaran akan kesehatan masyarakat di mulai dengan lingkungan keluarga menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.

Dengan adanya Program PKM ini diharapkan masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan lingkungan yang baik jika ingin menciptakan komunitas yang sehat dan bahagia Sehingga terciptanya kesehatan secara menyeluruh dapat dirasakan oleh semua pihak yang nantinya manfaat dari kesehatan lingkungan juga dapat menguntungkan segenap masyarakat. Komitmen kuat dari dalam diri masing-masing orang di satu lingkungan tersebut menjadi proses awal yang harus dibangun. Tanpa adanya kesepakatan dan komitmen bersama, mustahil kesehatan lingkungan dapat tercipta mengingat jika lingkungan satu tidak terjaga kebersihannya, maka hal ini akan mempengaruhi buruknya kebersihan daerah lainnya.

Kegiatan PKM “Menumbuhkan Kesadaran Akan Kesehatan Masyarakat Di Mulai Dengan Lingkungan Keluarga Di Kampung Cibeber, Desa Cijengkol, Cilograng, Lebak, Banten” bisa terlaksana dukungan dari Program Studi Teknik Industri beserta Masyarakat Kampung Cibeber.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply