PKM Sosialisasi Pemanfaatan Kedelai Sebagai Bahan Alternatif Susu Sapi Dalam Pembuatan Keju Bernilai Ekonomis Bagi Warga Pamulang Timur

TangselMedia-Kedelai merupakan komoditas pertanian yang mempunyai nilai ekonomi tinggi, bahkan seiring dengan perkembangan industri pangan dewasa ini dapat menjadi komoditas agribisnis yang memberikan prospek cerah. Dalam upaya pengembangannya terdapat peluang pertumbuhan baru yaitu mengubah susu kedelai menjadi bahan alternatif membuat keju untuk peningkatan stabilitas hasil, penekanan senjang hasil dan penekanan kehilangan hasil. Keju kedelai merupakan salah satu produk olahan kacang kedelai yang terbuat dari gumpaan protein susu kedelai yang telah dipisahkan dari air dadih. Keju kedelai dapat dibuat secara fermentasi, yaitu salah satu metode dari bioteknologi konvensional dengan menggunakan bakteri asam laktat seperti Lactobacillus bulgaricus dan Steptococis lactis yang digunakan untuk menggumpalkan protein kedelai dan membentuk aroma pada keju nabati.

Agar usaha keju dari susu kedelai lebih berkembang dan banyak pembuat yang tertarik untuk melakukan usaha keju dari susu kedelai, maka diperlukan informasi dan pengetahuan mengenai analisis usaha diantaranya perhitungan biaya, penerimaan, pendapatan dan R/C Usaha tani kedelai agar tidak mengalami kerugian.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang di Rt 02/022 Paulang Timur, Pamulang Tangerang Selatan .yang dilaksanakan pada hari kamis, 17 Maret 2022, dihadiri oleh Bapak Ilham selaku perwakilan dari Ketua RT setempat dan juga sebagai pemilik dari usaha Tahu bulet dan Sotong. PKM yang diketui oleh saudara  Yusdi Ramadhan dengan beranggotakan Heri Susanto, Ardika Dyaz Pratama, Saka Palwa Faturahman, serta Nur Asyiah merupakan mahasiswa aktif Universitas Pamulang, hadir juga sebagai pendamping, dosen pembimbing mahasiswa ibu Junaenah. ST.MT.

Baca Juga  Perjuangan Mahasiswa Semester Akhir Dimasa Pandemi COVID-19

Saudara Saka menjelaskan tentang pemaparan Protein yang dihasilkan oleh keju kedelai dan keju biasa masing masing sebesar 26,5 dan 23,7. Selain kandungan protein yang lebih tinggi, lemak yang terkandung dalam keju kedelai ini lebih rendah dibandingkan dengan keju pada umumnya.  Kandungan lemak yang lebih rendah ini tentunya akan dapat dikonsumsi oleh penderita kolesterol, sehingga para penderita penyakit ini tentunya tidak ragu dalam mengkonsumsi keju.

Dengan dibuatnya kedelai menjadi keju, akan membuat pilihan lain dalam memproduksi kedelai, juga akan mengurangi adanya persaingan antara produsen dan masyarakat disuatu produk. Serta, akan semakin banyak pula pilihan konsumen untuk mengkonsumsi produk olahan dari kedelai. Susu kedelai yang berasal dari kedelai masih dapat di olah menjadi beberapa produk salah satunya adalah Keju yang berasal dari susu kedelai dengan bantuan Bakteri Asam Laktat sebagai Kultur Starter.

Sebelum menutup kegiatan dan foto bersama, pak Ilham mengatakan dalam penutupnya bahwa kedepannya, kegiatan yang seperti ini sangat diharapkan, dan semoga akan diadakan kembali ditempat mereka.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply