Penyuluhan Penerapan Nilai Tambah Produk Berdasarkan Level Pohon Industri Untuk Peningkatan Pendapatan di Masa Pandemi

TangselMedia-Pada hari Jum’at s.d Minggu, 05 s.d 07 November 2021, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang. Kegiatan ini dilakukan dengan tema “Penerapan Nilai Tambah Produk Berdasarkan Level Pohon Industri Untuk Peningkatan Pendapatan di Masa Pandemi di Desa Pasir Ampo Kecamatan Kresek” di Desa Pasir Ampo, Kp. Jeruk Purut RT.09 RW.004, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang Banten. Walaupun dalam kondisi pandemik sehingga pelaksanaan harus selalu mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diketuai oleh Budi Aprina, S.T., M.T, Anthon Rudy, S.T., M.T selaku narasumber, dan Edi Supriyadi, S.T., M.T sebagai anggota serta dibantu oleh rekan-rekan mahasiswa dari prodi teknik industri Universitas pamulang.

Penyuluhan dan pelatihan penerapan nilai tambah produk berdasarkan level pohon industri untuk menciptakan pendapatan industri kreatif pada masyarakat, dengan memberikan pengetahuan dan wawasan serta peluang yang sangat potensial dikembangkan, karena dengan ketrampilan ini dapat dikembangkan industri kreatif guna membuka usaha bagi masyarakat serta dapat meningkatkan kreativitas. Obyek pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah karangtaruna Desa Pasir Ampo, Kp. Jeruk Purut RT.009 RW.004, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten, karena pengusul pengabdian kepada masyarakat melihat potensi dari sumber daya manusia yaitu Karangtaruna sehingga dengan penyuluhan ini diharapkan dapat menambah keterampilan serta sangat memungkinkan untuk dikembangkan guna membuka usaha kecil dan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Tujuan dari penyuluhan dan pelatihan penerapan nilai tambah produk berdasarkan level pohon industri untuk peningkatan pendapatan di masa pandemi mampu menciptakan industri kreatif pada karangtaruna agar masyarakat setempat dapat meningkatkan ketrampilan sehingga dapat berkreasi, berkarya dan berdaya juang untuk menciptakan produk-produk industri kreatif bernilai guna serta bernilai ekonomi tinggi.

Baca Juga  Perawatan Sistem Transmisi Otomatis Countinuously Variable Transmission (CVT) Pada PKM Mahasiswa Unpam Di Gunung Sindur

Oleh karena itu, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang ini diharapkan dapat turut berkontribusi membangun Desa Pasir Ampo, Kp. Jeruk Purut RT.009 RW.004, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten, melalui Karangtaruna untuk berbagi pengetahuan, mendorong masyarakat untuk pengembangan sumberdaya yang dimiliki secara berkelanjutan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Penyuluhan dan pelatihan ini dimaksudkan dapat memberikan pengetahuan serta keterampilan bagi masyarakat untuk meningkatkan kemampuannya dan berkarya sehingga mendatangkan manfaat bagi masyarakat sekitar. (Edi Supriyadi)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply