Dosen Unpam Berikan Pelatihan Perawatan Indoor dan Outdoor AC Split Bagi Pemuda Karang Taruna Sengkol Kelurahan Muncul

TangselMedia-Dosen di perguruan tinggi memiliki beberapa tugas dalam melaksanakan kewajibannya. Selain mengajar dan melaksanakan penelitian, tugas dosen sebagai pengemban Tridarma perguruan tinggi, dosen diwajibkan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Kali ini, 14 November 2021, 3 orang dosen Program studi Teknik Mesin Universitas Pamulang mengadakan PKM dengan menggelar pelatihan tentang perawatan indoor dan outdoor AC split bagi pemuda Karang Taruna kampung Sengkol Kelurahan Muncul, Tangerang Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah keterampilan (skill) para pemuda sehingga diharapkan menjadi modal untuk membuka usaha atau mencari pekerjaan. Lebih jauh, program ini ditujukan untuk mendukung program pemerintah dalam usaha mengurangi pengangguran dan meningkatkan minat kewirausahaan di kalangan pemuda.

Kegiatan ini didukung oleh Ketua RT 05 RW 02 Kampung Sengkol kelurahan Muncul, Tangsel, Bpk Ismat.

“Kita menggelar kegiatan ini karena saya pribadi berfikir bahwa kegiatan semacam ini sangat diperlukan oleh masyarakat luas. Saya dan teman prihatin melihat fenomena banyak para pemuda yang tidak memiliki pekerjaan yang jelas. Ini sangat merugikan bagi pemuda dan negara karena banyaknya potensi SDM yang tidak termanfaatkan untuk mendukung pembangunan. Saya berharap kedepannya bapak-bapak dapat mengadakan kegiatan-kegiatan penyuluhan pembekalan yang mungkin sifatnya bisa lebih besar dan lebih luas lagi,” jelas Ismat saat memberikan sambutan.

Menurutnya, para pemuda harus tahu hidupnya kelak ingin jadi apa dan mau kemana.  Setelah tahu indikatornya mereka harus tahu mana yang baik dan buruk. Harus ada kekuatan mental dan keyakinan harus menjadi yang terbaik. Salah satunya melalui pelatihan seperti ini.

Baca Juga  FPR Kecam Keras Sikap Pemerintah Soal P.T. Semen Indonesia

Sementara, dalam sambutannya, Ketua PKM Deden Rosid Waltam, S.Si., M.T. menyampaikan rasa terima kasih kepada Ketua RT atas dukungannya, serta kepada para pemuda atas minat dan semangatnya untuk menjadi peserta. Pada kesempatan ini pula Deden memberikan pengantar materi mengenai pelatihan perawatan servis AC split.

“Disini kami berupaya bagaimana mengubah pola pikir mereka bahwa usaha perawatan AC split bisa menjadi usaha yang menjanjikan bila skill mereka bertambah dan manajemen usaha ini dijalankan dengan baik. Caranya dengan pelatihan teknis perawatan AC dan manajemen usaha yang baik dan benar”, ujar Deden.

“Peserta bisa secara aktif mengikuti dan bertanya kepada instruktur/teknisi yang telah berpengalaman mengenai perawatan AC”, lanjut Deden kepada peserta PKM. Pada PKM ini, Bpk Deden didamping dosen yang lain, Bambang Herlambang, S.T., M.Si., dan Ir. Budi Kaliwanto, M.T.

Pada kesempatan itu Bambang Herlambang memberikan penjelasan mengenai proses pengisian dan pengosongan freon serta trouble shooting AC. Sementara Budi Kaliwanto memaparkan sekilas mengenai manajemen usaha.

Kegiatan PKM ini diikuti oleh 5 peserta melakukan praktek servis AC dan bertanya serta berdiskusi seputar perawatan dan usaha servis AC. Sebagai alat peraga, dalam praktek ini digunakan trainer set sistem AC yang khusus dibuat untuk pelatihan. Pelaksanaan PKM tetap menjalankan protokol kesehatan.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply