Realisasi Teknologi Informasi Pada Kendaraan Pribadi Guna Memperpanjang Umur Kendaraan

REALISASI TEKNOLOGI INFORMASI PADA KENDARAAN PRIBADI GUNA MEMPERPANJANG UMUR KENDARAAN

Oleh : Muhamad Fadly*

 

Seperti halnya manusia sebelum melakukan suatu aktifitas biasanya melakukan sebuah pemanasan terlebih dahulu agar tidak mengalami cedera atau meminimalisir terjadinya resiko yang tidak kita inginkan, begitu juga dengan kendaraan sebaiknya dilakukan pemanasan terlebih dahulu baik ketika ingin digunakan ataupun tidak digunakan. sebelum melakukan perjalanan demi meminimalisir terjadinya resiko – resiko yang tidak kita inginkan ketika sedang berkendara di jalanan, memanaskan mesin kendaraan sebelum berpergian merupakan hal yang sudah biasa kita lakukan, teruntuk kita sebagai pengguna kendaraan pribadi untuk menunjang mobilitas kita sehari – hari memanaskan mesin motor sebenarnya bukanlah hal yang sia – sia dan jangan di anggap sepele sampai kita lupa bahkan sampai kita tidak melakukannya.

Beberapa manfaat memanaskan mesin kendaraan atau sepeda motor yaitu antara lain untuk menjaga supaya kondisi kendaraan atau motor tetap prima dan memperpanjang umur kendaraan. Karena dengan di panaskan terlebih dahulu sebelum digunakan, oli dari motor tersebut akan kembali melumasi mesin setelah semalaman atau bahkan beberapa hari tidak di nyalakan atau digunakan. Bagi anda yang masih menganggap memanaskan kendaraan atau sepeda motor merupakan hal yang sepele anda harus tahu bahwa fungsi dari pelumasan pada saat memanaskan mesin kendaraan atau sepeda motor ini penting untuk mengurangi terjadinya haus pada komponen – komponen yang bergesekan. Semakin lama mesin kendaraan anda tidak di hidupkan atau dalam keadaan mati, maka semakin banyak juga oli yang berjatuhan dan Kembali ketempat penyimpanannya.

Dengan demikian oli yang berada di dalam mesin tepatnya di bagian gear, piston dan sebagainya akan berkurang. Bila mesin dinyalakan setelah mati cukup lama maka akan butuh waktu bagi oli untuk kembali melumasi bagian – bagian mesin baik itu gear, piston dan sebagainya yang sering terjadinnya pergesekan antara bagian tersebut, minimalnya jika motor tidak di gunakan semalaman itu harus di panaskan selama sekurang – kurangnya 30 detik sebelum digunakan kembali ataupun jika tidak digunakan minimalnya di lakukan pemanasan 2 sampai 3 hari sekali demi menghindari terjadinya kerusakan pada komponen – komponen kendaraan anda. Oleh karena itu, jika mesin kendaraan yang sudah lama mati dan jika langsung di gunakan tanpa adanya proses pemanasan maka mesin akan berpotensi lebih tinggi mengalami terjadinya beberapa komponen menjadi haus, bahkan yang lebih berbahayanya bisa menyebabkan ring piston patah sehingga menyebabkan kendaraan atau motor yang kita gunakan tidak bisa berjalan seperti biasanya yang jelas akan memperpendek umur kendaraan itu sendiri.

Baca Juga  Fakultas Teknik dan Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang Jalin Kerjasama dengan CV AKS Jakarta

Pada saat ini kemajuan teknologi informasi sudah banyak di gunakan terutama pada penyelesaian masalah yang terjadi di bagian ini yaitu adalah auto engine warm up atau bisa di bilang pemanasan mesin otomatis, dimana penyematan teknologi informasi tersebut di sematkan ke dalam komponen kendaraan tersebut, saat ini sudah banyak perangkat teknologi yang dapat membantu anda untuk memanaskan mesin secara otomatis sebelum anda menggunakannya. Seperti yang sudah di tanamkan pada Engine Control Uni (ECU) salah satunya adalah aRacer yang di pasarkan oleh ultra speed. Yang dimana di dalamnya sudah di sematkan fitur auto engine warm up yaitu bisa memanaskan mesin secara otomatis, jadi anda tidak perlu lagi pada saat memanaskan mesin kendaraan di gas – gas secara manual demi menjaga motor tetap hidup pada saat motor sudah lama tidak di panaskan dengan fitur ini kendaraan akan langsung memanaskan sendiri dan akan berhenti di kisaran suhu mesin yang sudah di tentukan sebelumnya pada saat pemasangan komponen ini. Akan tetapi kekurangan dari perangkat ini adalah tidak semua kendaraan terutama motor bisa menggunakan komponen ini yaitu hanya motor keluaran tahun 2018 ke atas, karena motor keluaran tahun 2018 keatas rata – rata sudah terkomputerisasi dalam hal mengatur settingan motor tersebut baik dalam segi pengaturan aliran bensin, pengaturan limit rpm dan pengaturan lainnya, dan juga ada Sebagian motor tahun 2018 yang belum bisa menggunakan komponen ini ada juga yang sudah bisa tetapi perlu menambahkan kabel sebagai rangkaiannya.

Akan terasa kurang jika berbicara kekurangan tanpa adanya kelebihan dari penyematan teknologi auto engine warm up ini yaitu :

Pertama, menjaga kondisi sepeda motor tetap prima. Jika kendaraan atau sepeda motor yang kita gunakan dalam keadaan prima akan sedikit terjadinya resiko mogok di jalan ketika sedang berpergian dalam melakukan aktivitas sehari – hari.

Kedua, mengurangi resiko terjadinya haus pada komponen mesin. Jika resiko terjadinya haus pada komponen mesin maka berkurang juga resiko kita mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk mengganti komponen mesin yang haus tersebut.

Ketiga, memperpanjang umur sepeda motor. Dalam pemakaian suatu barang terutama sepeda motor pasti ada yang namanya batas kelayakan pemakaian demi memperpanjang umur pemakaian maka kita harus pintar – pintar merawat dan menjaga kondisi motor minimal yang bisa kita lakukan setiap hari adalah memanaskan mesin sepeda motor baik ketika ingin di gunakan atau tidak.***

 

*Penulis adalah Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang

Tags:

Related Posts

Leave a Reply