Peranan Artificial Inteligence (AI) Dalam Dunia Pendidikan

Peranan Artificial Inteligence (AI) Dalam Dunia Pendidikan

Oleh: Moh Ikhdal Muharrom*

 

Negara Indonesia salah satu negara terbesar di dunia berdasarkan populasinya menguruti peringkat 4 dengan jumlah  264.074.600 populasi dengan luas 1.919.440 km² (sumber : id.wikipedia.org) dan dalam dunia pendidikan menempati urutan 6 terbawah atau ke-72 dari 77 negara, survei ini dikeluarkan oleh lembaga internasional yaitu Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2019. Di bandingkan negara-negara tetangga Indonesia masih dibawahi seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

Menurut pengamat, beberapa penyebabnya adalah kompetensi guru yang rendah dan pendidikan yang terlalu kuno, hal ini harus menjadi sorotan Indonesia untuk lebih memerhatikan kembali terutama dunia pendidikan.

Di era digitalisasi 4.0, sektor pendidikan harus banyak yang dikembangkan, saat ini ada sebuah aplikasi pendidikan berbasis online yaitu Ruang Guru yang memanfaatkan platform digital sebagai media pembelajaran yang menyenangkan yang didirikan oleh anak bangsa yg bernama Adamas Belva Syah Devara (CEO) dan Iman Usman (Co-Founder).

Ruang Guru adalah sebuah aplikasi dengan metode belajar mengajar berbasis online yang menawarkan metode pembelajaran yang menyenangkan, dengan fitur-fitur yang diberikan menjadikan pengguna Ruang Guru merasa nyaman dan senang. Seperti fitur animasi, live chat, lalu dapat sharing dengan banyak teman dari berbagai daerah dan masih banyak lagi, yang terbaru ada tambahan fitur avatar yang menjadikan user tambah bersemangat belajar di Ruang Guru.

Baca Juga  Pendidikan Karakter dan Pramuka

Sebagai platform digital tentunya para penggunanya pun harus dituntut memahami metode-metode yang beda dari pembelajaran secara konvensional ke digital, Ruang Guru pun tidak sembarang merekrut tenaga pengajar, sebelum mengajar para guru terlebih dahulu mendapatkan edukasi dan training digital yang diberikan oleh Ruang Guru

Hal ini juga tidak terlepas dari teknologi Artificial Inteligence (AI)  yang menjadikan sebuah terobosan baru dalam dunia pendidikan, yang bertujuan untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Saat ini Ruang Guru menjadi perusahaan ed-tech terbesar di Asia Tenggara yang telah memberdayakan 22 juta siswa di Indonesia, Thailand dan Vietnam. Dengan terus berkembangnya platform ini, saya sebagai mahasiswa/pelajar merasa optimis dan berharap Indonesia akan lebih baik lagi kedepanya.***

 

*Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang

Tags:

Related Posts

Leave a Reply