Sejarah Bintaro di Tangerang Selatan

Info Kota 0
Sejarah Bintaro di Tangerang Selatan

foto: satujam.com

TangselMedia – Ulasan kali ini, kita akan memberikan informasi mengenai Sejarah Bintaro di Tangerang Selatan. Bintaro merupakan suatu kota mandiri yang dikembangkan oleh PT. Jaya Real Property yang dulunya dikenal PT Bintaro Jaya. Kota ini dibangun pertama kali yaitu pada tahun 1979. Bintaro jaya ini semakin populer dengan tuntasnya proyek jalan tol ulujami sampai serpong. Kota ini pertama dikembangkan di kota jakarta selatan dan meluas hingga ke kota tangerang selatan. sekarang luasnya sudah mencapai 1000 hektar.

Jika kalian ingin tahu, Nama Bintaro ini diambil dari nama Kelurahan bintaro yang juga mengambil nama tanaman Bintaro (Cerbera manghas), sedangkan jaya berasal dari nama pengembangnya.

Menurut sejarahnya, Bintaro Jaya ini dikembangkan dari tahun 1979 oleh PT Jaya Real Property Tbk, yang merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Pembangunan Jaya yang sahamnya mayoritas dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta. Jaya Property sekitar lebih dari seperempat abad telah dikenal sebagai salah satu perusahaan real estate yang ada di ibukota. Perusahaan ini melakukan pembangunan dan manajemen proyek perumahan dan properti, antara lainnya adalah Graha Raya, Puri Jaya, Plaza Bintaro Jaya, Plaza Slipi Jaya dan adalagi Pusat Perdagangan Senen blok IV-V. PT jaya Real Property Tbk ini telah terdaftar pada Bursak Efek Jakarta dari tahun 1994.

Sejarah Bintaro di Tangerang Selatan

foto: Berita Jakarta

Menurut informasi yang didapat, Bintaro jaya ini juga diketahui sebagai proyek pengembangan perusahaan dari PT Jaya Real Property Tbk ialah yang pertama kali memperkenalkan konsep “kota taman” yang ada di indonesia. Kemudian, dua puluh enam tahun berlalu, Bintaro Jaya menggunakan slogan yaitu ” The Professional’s City” untuk mencerminkan strategi pemasarannya sebagai hunian pilihan bagi kaum yang memiliki intelektual dan profesional di Jakarta. Fasilitas yang mendukung dan lingkungan fisik serta sosial dirancang dengan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan warganya agar mendapatkan hunian yang nyaman untuk ditinggali.

Bintaro ini juga merupakan salah satu kelurahan di kecamatan pesanggrahan, Jakarta Selatan. Yang dimana kelurahan ini memiliki kode pos 12330 dengan kode wilayah 31.71.040.001. Kantor kelurahan Bintaro yang terletak pada jalan Veteran no.1 yang terletak di RT 01 RW 03 kelurahan bintaro kecamatan pesanggrahan kota administrasi jakarta selatan DKI Jakarta 12330.

Baca Juga  Terjadi Kebakarang di Lantai 25 Apartemen Laguna Pluit, 16 Pemadam Kebakaran Dikerahkan

Sejarah juga mencatat, Ada salah satu kejadian yang merupakan salah satu sejarah yang terbilang tragis pada masanya. yaitu Kecelakaan Kereta Api Bintaro 1987 atau mungkin kita lebih familiar dengan Tragedi Bintaro.

foto: Tribunnews

Dalam sejarah di bintaro, Ini merupakan yang pertama yang menjadi sejarah yang ada di kota bintaro, yaitu Kecelakaan kereta. Yang merupakan salah satu peristiwa yang sempat menghebohkan dimana kejadian ini melibatkan dua buah kereta api di daerah Pondok betung, Bintaro, Jakarta Selatan, pada tanggal 19 oktober 1987 yang merupakan musibah terburuk yang terjadi dalam sejarah kerta api di indonesia. peristiwa ini sangat menjadi perhatian bagi publik di dunia.

Kejadiannya bermula ketika kereta dengan jurusan tanah abang menuju merak yang berangkat dari stasiun kebayoran bertabrakan dengan kereta api ekonomi cepat jurusan rangkasbitung menuju jakarta kota yang berangkat dari stasiun sudimara. Peristiwa ini tercatat sebagai salah satu kecelakaan terburuk yang ada dalam sejarah transportasi di indonesia yang kejadiannya berada di bintaro.

foto: Beritagar.id

Polisi menyelidiki kejadian tersebut dan didapatkan, kejadian ini terjadi karena adanya kelalaian petugas stasiun sudimara yang memberikan sinyal aman bagi kereta api dari arah Rangkasbitung, padahal tidak ada pernyataan aman dari stasiun kebayoran. hal ini dilakukan karena tidak ada jalur yang kosong di stasiun sudimara, Kecelakaan terjadi di antara stasiun pondok ranji dan pemakaman tanah kusir, sebelah utara SMUN 86 Bintaro. di dekat tikungan mmelengkung tol bintaro.

Bagaimana? Tentunya sejarah mengenai bintaro ini amatlah menarik dan masih banyak lagi beberapa informasi yang tentunya tidak tersampaikan karena keterbatasan pengetahuan yang diketahui oleh penulis, semoga kalian bisa mendapatkan manfaat dari tulisan ini dan menambah wawasan kalian agar dapat mengetahui mengenai sejarah yang ada di bintaro.

Tags:
Rate this article!

Related Posts

Leave a Reply